Bupati Maluku Tengah Hi Tuasikal Abua,SH
RADAR POS, MASOHI - Pengukuhan Pengurus Latupati Kecamatan Teon Nila Serua (TNS), yang mana di kukuhkan oleh Ketua Latupati Kabupaten Maluku tengah (Malteng). Ibu Yulia Ayakwane, dalam hal ini Inalatu Negeri Tananahu. Rabu (23/01/2019), yang bertempat di Pandopo Bupati Malteng.

Pada kesempatan ini pula Bupati Maluku tengah. Hi. Tuasikal Abua,SH mengatakan bahwa janji adat yang baru saja saudara-saudara ucapkan tadi hendaknya dimaknai sebagai amanah yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Karena di dalamnya terdapat tanggung jawab yang luas dan berat kepada lembaga Latupati, tatanan adat istiadat, kepada masyarakat, negeri serta daerah ini, dan terutama kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Undang-Undang Nomor: 6 Tahun 2014 tentang Desa telah menggariskan dengan tegas dan jelas mengenai susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan negeri yang diarahkan untuk menjadikan Negeri semakin maju, mandiri dan demokratis sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur
dan sejahtera," jelasnya.

Para kepala Pemerintah Negeri dalam kedudukannya sebagai kepala adat di negeri maka keberadaan Latupati memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis.

Pengukuhan Pengurus Latupati Kecamatan Teon Nila Serua
Melalui momentum pengukuhan pengurus Latupati di hari ini mampu meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi serta mengoptimalkan peran dan fungsi Latupati di Kecamatan TNS dalam kelembagaan pemangku adat maupun antar pemerintah negeri.

"Sehingga pada tataran implementasi Latupati akan mampu tampil sebagai suatu lembaga yang memiliki pengaruh positif dalam menciptakan harmoni sosial, merawat persatuan dalam keberagaman, mewariskan nilai-nilai sosial kultural dan kearifan lokal serta menjadi wadah yang berperan dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dan stakeholder untuk bersama-sama membangun Negeri dan mensejahterahkan masyarakat," harap Tuasikal

Tuasikal, yakin semua tantangan dan pengaruh negatif globalisasi itu bisa diatasi oleh Para Latupati selaku kepala pemerintah negeri apabila ada kemauan, keseriusan, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari saudara-saudara beserta seluruh jajaran pemerintahan negeri untuk terus meningkatkan kompetensi, bekerja keras, bertindak cerdas, menjaga integritas dan moralitas, menempatkan diri sebagai contoh dan panutan masyarakat serta mampu mengarahkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan seluruh program dan agenda pemerintahan. 

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top