RADAR POS, TUAL - Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si menegaskan Kota Tual saat ini menjadi Rumah Ekspor di Provinsi Maluku, sehingga perlu sinergitas program dan kegiatan SKPD Pemkot Tual dalam menunjang visi tersebut.

Penegasan tersebut disampaikan Walikota Tual pada pembukaan pembinaan pelaku usaha ekspor di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar, Kota Tual, Senin (16/08/2021).

"Sebagai langkah awal percepatan ekspor, maka perlu dilakukan pembinaan di bidang ekspor yang merupakan upaya meningkatkan kapasitas SDM tentang hal-hal yang dipersiapkan untuk memulai ekspor, termasuk legalitas usaha, kapasitas produksi, dan kualitas produk," katanya.

Rahayaan menguraikan, untuk mencapai target tersebut dibutuhkan langkah-langkah percepatan strategis dengan dukungan dari Menko Marves, Kementerian Perikanan, Perdagangan, Perhubungan dan Kementerian terkait.

"Pemkot Tual telah menyiapkan insentif bagi pelaku ekspor berupa pemberian tarif negosiasi air curah untuk pemenuhan kebutuhan produksi baik di kapal maupun unit-unit pengolahan ikan termasuk di PT. Samudera Indo Sejahtera dan beberapa regulasi yang ditetapkan," jelasnya.

Walikota Tual mengajak para pengusaha di bidang perikanan yang selama ini masih mengirim produk untuk ekspor melalui daerah lain, agar dapat melakukan ekspor dari Kota Tual, karena berbagai kemudahan yang diberikan.

"Melakukan ekspor ikan dari Kota Tual dapat memperoleh beberapa manfaat yakni, kemudahan pelayanan perizinan, penghematan bahan bakar dan biaya operasional, serta Devisa dapat diterima dengan cepat disebabkan karena pengiriman produk lebih cepat tiba di negara tujuan," ucapnya.

Selain itu, Walikota Tual katakan kemudahan lainya adalah kualitas produk lebih terjaga, karena tempat pengolahan dan pengiriman tidak terlalu jauh dari Fishing Ground.

Rahayaan secara tegas meminta setiap SKPD terkait baik hulu maupun hilir untuk serius dan terus berinovasi dalam mencari serta mengembangkan sumber-sumber produksi dan pemasaran yang bernilai tambah bagi produk-produk asal Kota Tual.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan kerja sama air bersih antara Kepala PPN Dumar Kota Tual, S. Jaftoran dan Direktur PDAM Maren, Ny. Ria Far Far, disaksikan Walikota Tual, Wakil Walikota Tual, dan Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut. (RPS)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top