RADAR POS, TUAL - Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan gerakan perubahan dari akar rumput yang melibatkan guru dan masyarakat untuk melakukan transformasi terhadap sekolah agar menjadi tempat yang dirindu siswa, sehingga siswa leluasa dalam mengembangkan bakat, passion, penalaran dan talenta terbaik mereka.

Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah, dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan, dan bekal keterampilan hidup agar anak-anak berjiwa mandiri, agile dan adaptif dalam menghadapi perubahan.

Gerakan Sekolah Menyenangkan berangkat dari Perubahan pola pikir pendidikan menuju Paradigma Revolusi Industri 4.0.

Titik awal ini meliputi perubahan pola pikir guru, kepala sekolah, orang tua, dan pemangku kebijakan untuk membangun ekosistem pendidikan yang positif dan berfokus pada pengembangan karakter siswa.

Dengan demikian, siswa akan
menginternalisasi nilai-nilai kemanusiaan sebagai bekal menghadapi masa depan di Era Revolusi Industri 4.0.

SMK Negeri 1 Tual sebagai salah satu SMK pelaksana Program SMK PK sangat menyadari pentingnya penciptaan ekosistem sekolah yang menarik dan menyenangkan.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah "Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan" yang dilaksanakan pada hari, Kamis (03/02/2022) dengan narasumber Ibu Anik Sudiartini, S.Pd, M.Pd.  

Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa, pondasi pelaksanaan GSM adalah perubahan mindset seluruh warga sekolah untuk berfikir terbuka dan maju (Growth Mindset) dan meninggalkan zona nyaman (Fix Mindset), sehingga mampu berkembang dan menerima perubahan untuk kemajuan dan kesuksesan SMK Negeri 1 Tual.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Anik selaku narasumber juga menyampaikan bahwa, GSM adalah sebuah gerakan moral bukan kebijakan.

Sehingga, dibutuhkan kesadaran bersama semua pihak untuk terbuka dan mejalankan misi sekolah yang menyenangkan dan memerdekakan peserta didik.

Beliau juga menyampaikan bahwa, GSM adalah gerakan yang mengadopsi filosofi pendidikan Ki. hajar Dewantara yakni, guru harus bisa menuntun bukan menuntut, menjadi Inspirator yakni harus berbuat sebaik-baiknya untuk murid, memerdekakan anak, menghamba pada murid, ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani.

Dalam penerapan ekosistem yang menyenangkan ini guru juga dituntut lebih kreatif, mampu mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam menggali potensinya, baik yang terpendam maupun yang sudah terlihat.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini dipusatkan di Aula SMK Negeri 1 Tual dan diikuti oleh seluruh Dewan Guru pada SMK Negeri 1 Tual. (RPY)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top