RADAR POS, TUAL - Setelah melalui Survey di 8 Desa masing-masing Desa Fiditan, Ngadi, Dullah, Lebetawi, Tamedan, Dullah Laut, Ohoitel dan Ohoitahit maka Desa Dullah akhirnya ditetapkan oleh Dispersip Kota Tual sebagai Kampung Literasi.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tual, Moksen Renwarin saat ditemui Media ini dikantornya, Senin (01/08/2022).

Renwarin katakan, Kampung Literasi adalah Kawasan Kampung yang digunakan untuk mewujudkan Masyarakat yang memiliki Pengetahuan dan Pemahaman yang Luas.

"Kampung Literasi dengan berbagai Kegiatan yang berkesinambungan merupakan Upaya untuk menjaga agar Kegiatan Literasi di Masyarakat terus berdenyut dan berkesinambungan," kata Moksen.

Kampung Literasi bisa menjadi tempat Lahir dan tumbuhnya Simpul-simpul Masyarakat yang dapat menjadi Pelopor Pembahruan bagi Generasi Muda di kampungnya.

Survey yang melibatkan Camat Dullah Utara beserta Staf Kecamatan berlangsung selama Sepekan pada Minggu Ketiga Bulan lalu dan hasilnya adalah Desa Dullah dinyatakan memenuhi Syarat sebagai Kampung Literasi.

Selanjutnya Pihaknya akan segera Merilis Program baru yakni: Program Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah.

"Untuk mendukung Program ini Pihak Dispersip Kota Tual menggandeng Pihak Desa sebab hampir semua Kegiatannya diselenggarakan oleh Masing-masing Desa," ujar Moksen.

Untuk Program ini nantinya Masing-masing Desa dapat mengalokasikan Dana Desa (DD) mereka, karena ini sejalan dengan Program Pemerintah dalam upaya meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, terutama di Pedesaan ujar Renwarin.

"Hal ini juga sejalan dengan Amanat UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, yaitu untuk meningkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Hidup Masyarakat Desa," tutup Moksen. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top