RADAR POS, MASOHI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Resmi Melantik 54 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Malteng. Pelantikan berlangsung di Baileo Ir. Soekarno Pandopo, Kota Masohi pada, Sabtu (25/05/2024).

Ketua Bawaslu Malteng, La Amsuri, S.Pd Pimpin langsung Pelantikan serta Sumpah/Janji yang diikuti oleh keseluruhan Anggota Panwascam yang Dilantik.

Dalam sambutannya, Amsuri berharap kepada Saudara-Saudari Anggota Panwascam Terlantik untuk dapat selalu menjaga Marwah Bawaslu dan Integritasnya. Pakta Integritas tadi sudah diucapkan Bersama-sama, hal itu merupakan sesuatu yang tidak mudah tapi mohon saudara camkan atas isi, makna dan dapat diterapkan.

Amsuri juga mengingatkan kepada Panwascam untuk selalu melakukan Koordinasi dan Kolaborasi kepada Stakeholder sebagai Mitra Bawaslu. 

"Seluruh Anggota Panwascam diharapkan terus Berkoordinasi bersama Stakeholder baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Kecamatan, Pihak Keamanan TNI-Polri, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Masyarakat dilingkup Wilayah Kerja Masing-masing agar Tercipta saling Menghargai atas Kewenangan dan Presepsi yang sama," kata Ketua Bawaslu.

Harapan Masyarakat adalah Anggota Panwascam memiliki Jiwa Pengabdian yang Tinggi, Bersifat Jujur dan Adil serta Senantiasa mengedepankan Sikap Netralitas selama mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malteng juga mengingatkan kepada Jajarannya ditingkat Kecamatan untuk Taat dan Patuh dalam mengelola Anggaran Dana Hiba Pilkada nanti.

"Jangan Coba-coba mencari Keuntungan dari Dana Hiba untuk Kepentingan Pribadi atau Kepentingan lainya diluar Mekanisme," ucap Ketua Bawaslu.

Saya perlu Tegaskan bahwa, Dana Hiba Pilkada Kabupaten Malteng untuk Bawaslu Sebesar 17,5 Milyar.

"Nantinya Anggaran ini juga akan dikelolah oleh Kawan-kawan. Jadi Prinsip Akuntabilitas itu menjadi Mutlak dalam mengelola Keuangan Negara sebaik mungkin sesuai dengan Aturan Perundang-undangan yang berlaku," ujar Ketua Bawaslu.

Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Setda Malteng, Silviana Mattemu katakan bahwa, dirinya Mengapresiasi terselenggaranya Pelantikan Panwascam Se-Kabupaten Malteng yang akan Bertugas mengawasi Jalanya seluruh Tahapan Pilkada di Kabupaten Malteng.

Sahubawa juga mengingatkan, Panwascam yang baru Dilantik agar dalam menjalankan Tugas dan Perannya harus menjaga Integritas, Netralitas, Profesionalisme serta Kerjasama dengan semua Elemen Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) maupun dengan Aparat Keamanan TNI/Polri.

"Bersikap Profesional, Hindari semua bentuk Intervensi dari Pihak manapun selalu bertanggungjawab serta Siap membangun Kerjasama dengan semua Stakholder dalam menjaga Kualitas Pilkada yang Lancar, Aman dan Damai di Kabupaten Malteng," pungkasnya. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top