RADAR POS, MASOHI - Bupati Kabupaten Maluku Tengah Hi. Tuasikal Abua, SH Hadiri Pelantikan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Rapat Kerja 1 Pengurus Daerah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Periode 1442/1445 H, Pekan kemarin.

Turut Hadir: Anggota Forum koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Para pimpinan OPD Dilingkup Pemda Maluku Tengah, Ketua dan pengurus daerah Masyarakat Ekonomi Syariah Kabupaten Maluku Tengah, Pengadilan Agama masohi, Panitia penyelenggaraan, Para Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, dan Insan Pers Maluku Tengah, Sekretaris umum Pengurus Wilayah MES Maluku, Ketua Umum pengurus MES wilayah Maluku Dr. Hasbullah Toisuta.

Dalam Sambutanya Tuasikal, mengajak kita semua untuk bersyukur kepada allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa, Sebap oleh karena rahmatnya kita masih di beri kekuatan, kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri Pelantikan dan Rapat Kerja pengurus daerah Kabupaten Maluku Tengah Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES Massa bhakti 1442-1445 H di saat ini.

"Sebagai wahana dalam proses-proses konsulidasi internal, evaluasi organisasi dan juga orientasi pemantapan program kerja dalam menjawab dinamika perekonomian syariah di daerah ini," katanya.

Ini berarti, saat ini pengurus daerah masyarakat Ekonomi Syariah Kabupaten Maluku Tengah telah memilik kepengurusan baru yang sah, untuk selanjutnya melaksanakan program- program yang telah ada secara lebih Progresif dan Visioner.

Olehnya itu, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mengucapakan selamat atas dilantiknya saudara-saudari sebagai Pengurus daerah Masyarakat Ekonomi Syariah Kabupaten Maluku Tengah massa bhakti 1442-1445 H.

Kita juga ketahui bersama bahwa, Ekonomi syariah adalah arus baru Ekonomi yang menjadi sala satu pilihan strategis untuk meningkatkan perekonomian negara Ditengah situasi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang belum berakhir hingga saat ini, Pemerintah Indonesia telah lama menaruh perhatian terhadap perkembangan ekonomi syariah. di mulai dengan pembangunan bank muammalat Indonesia pada tahun 1991.

"Sebagai Organisasi Nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempercepat penerapan sistem dan nilai ekonomi syariah di Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES menjadi Wadah Inklusif dalam menghimpun seluruh sumber daya yang ada dengan membangun Sinergi antar pemangku kepentingan," ucapnya.

Berkaitan dengan itu, Maka Pemerintah Daerah Maluku Tengah menyambut baik dan mendukung hadirnya MES di Kabupaten Maluku Tengah serta Men-Aprisiasi Acara Pelantikan dan Rapat Kerja yang dilakukan hari ini.

Bagi organisasi, Agenda hari ini merupakan tongkat untuk memulai kerja pengapdian untuk mewujudkan tujuan dari organisasi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah senantiasa dan terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepenting untuk mewujudkan daerah ini sesuai Visi Pembangunan Daerah, yaitu: "Maluku Tengah Yang Semakin Maju, Sejahtera dan Berkeadilan Dalam Semangat Hidup Orang Basudara".

"Kehadiran MES di Maluku Tengah akan memperkuat sinergitas yang selama ini sudah dibangun Pemerintah Daerah dengan pemangku kepentingan untuk memajukan daerah ini," ujarnya.

Pada level kebijakan, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah telah Meng-Implementasikan beberapa kebijakan yang Relefan dengan nilai dan semangat Syariah, Misalnya kebijakan pemberian Subsidi bunga kepada Pelaku Usaha Kecil menengah. Melalui program ini.

"Pemerintah Daerah bersenegri dengan pihak perbankkan untuk memperluas Inklusi Keuangan dengan memberikan Pinjaman Modal Usaha kepada Pelaku UKM dan bunga pinjamannya di Subsidi oleh Pemerintah Daerah," tandasnya.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga telah mewajibkan PNS dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah yang beragama muslim. Untuk menyalurkan Zakat, Infaq dan Sadaqah kepada Badan Amal Zakat Nasional Kabupaten Maluku Tengah untuk di kelola sesuai dengan ketentuan Syariah.

Harapan saya, kiranya dengan kehadiran MES di Maluku Tengah dapat meningkatkan Literasi Ekonomi Syariah, Sehingga Aktifitas Ekonomi Berbasis Syariah dapat semakin meningkat dan dapat memberikan manfaat lagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

"Kami juga berharap kepada Pengurus Wilayah MES Provinsi Maluku dapa membantu kehadiran Perbankan Syariah di Maluku Tengah. Sebelum mengahiri sambutan ini, seklai lagi saya Ucapkan Selamat atas Pelantikan saudara-saudara, semoga tanggungjawab yang saudara emban dapat menjadi Stimulan bagi upaya Membangun Kemajuan Daerah agar lebih Bermartabat dan lebih sejahtera," tutupnya. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top