RADAR POS, TUAL - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tual Ikuti Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa secara Virtual yang dilaksanakan oleh Kementrian Kominfo yang menghadirkan Komisi Informasi Pusat serta Badan Aksebilitas Komunikasi Telekomunikasi Informasi (BAKTI).

Sosialisasi yang diikuti oleh Seluruh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota Se-Indonesia ini menghadirkan Perangkat Desa yang telah mengikuti Pelatihan Aplikasi Si Desa dari Kominfo Setempat.

Sosialisasi ini sendiri menghadirkan, Ibu Latifah Hanum sebagai Moderator yang menghadirkan Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana sebagai Pemateri utama.

Dalam paparannya Narayana katakan, Tujuan dari Sosialisasi ini adalah untuk memberikan Edukasi sekaligus Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik ke Desa-Desa terutama yang telah memiliki Aplikasi Si Desa oleh Dinas Kominfo masing-masing Kabupaten/Kota.

Diseluruh Indonesia baru 7500 Desa yang memiliki Aplikasi dimaksud sementara masih Ribuan Desa yang masih terkendala dan diharapkan pada Tahun Depan semua Desa sudah dapat mengakses Aplikasi dimaksud sehingga Perangkat Desa dapat menyebarkan Informasi sesuai dengan kaidah-kaidah Standar Layanan Informasi Publik.

Sesuai Peraturan Komisi Informasi Pusat sehingga dapat meminimalisir keresahan Ditengah masyarakat Akibat Informasi salah bahkan Informasi Bohong (Hoaks) sehingga salah satu Tujuan Sosialisasi ini agar perangkat Desa dapat memanfaatkan Infrastruktur dari Kominfo utamanya Sistim Pelaporan dari Desa kepada Dinas Terkait.

Sehingga Dinas Kominfo Kabupaten/Kota dapat menginputnya dan menjadikan sebagai Informasi Resmi dilamannya masing-masing dan disinergikan dengan Komisi Informasi Pusat.

Selain dari KIP ada juga Materi yang dibawakan oleh Badan Aksebilitas Komunikasi Informasi (BAKTI) yang tugas utamanya membangun Jaringan Komunikasi di daerah-daerah yang tidak Tercover Internet sehingga perangkat Desa dapat melakukan percepatan Digitalisasi Desa melalui Konektivitas Bumdes. (RPS)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top