RADAR POS, TUAL - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Romel Menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diikuti oleh 45 Siswa Kelas XI, Senin (29/08/2022).

Kepala SMK Kesehatan Romel Tual, Zeth Songupnuan katakan, AKM dirancang untuk mengukur Capaian Peserta Didik dari hasil Belajar Kognitif yaitu Literasi dan Numerasi.

Kedua Aspek Kompetensi Minimum ini menjadi Syarat bagi Peserta Didik untuk Berkontribusi di dalam Masyarakat, terlepas dari Bidang Kerja dan Karier yang ingin mereka Tekuni dimasa depan.

"SMK Kesehatan Romel pada Tahun ini mengikutkan 45 Peserta yang dibagi dalam 3 Sesi masing-masing setiap Sesi diisi 15 Peserta," kata Songupnuan.

Kepala Sekolah (Kepsek) yang Akrab disapa Pak. Song ini berharap, Peserta Didiknya Fokus pada Kemampuan Literasi dan  Numerasi sebab ini bukan berarti mengecilkan  Mata Pelajaran Penting lainnya karena justru membantu Siswa mempelajari Bidang Ilmu lain terutama untuk berpikir dan mencerna Informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bantuk angka atau secara Kuantitatif.

"Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah Survei Karakter yang dirancang untuk mengukur capaian Peserta Didik dari hasil Belajar Sosial-Emosional berupa Pilar Karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila," ucap Sangupnuan.

Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan (YME) serta Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Mandiri, Bergotong Royong, Bernalar Kritis, dan Kreatif serta Bagian ketiga dari Asesmen Nasional adalah Survei Lingkungan Belajar untuk Mengevaluasi dan memetakan Aspek Pendukung Kualitas Pembelajaran dilingkungan Sekolah.

"Jadi sebetulnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini merupakan Tahapan yang sangat Penting sebagai Tolok Ukur bagi Peserta Didik sebelum mereka benar-benar dinyatakan Layak untuk dinaikan dan diluluskan dari Sekolah," tutup Songupnuan. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top