RADAR POS, TUAL - Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kota Tual, Samsudin Rumaf secara Resmi membuka Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dipusatkan di SMA Kristen Tual, Senin (29/08/2022).

Kegiatan Pembukaan ANBK serentak secara Nasional ini untuk Kota Tual dibagi dalam 2 Gelombang, pada Gelombang Pertama ini diikuti oleh seluruh Sekolah yang ada di Kecamatan Dullah Selatan, sementara untuk Gelombang Kedua pada Hari Rabu Tanggal 31 Agustus 2022 akan diikuti Satuan Pendidikan SMA - SMK pada Kecamatan Dullah Utara, Tayando Tam dan Pulau Pulau Kur.

ANBK Umumnya digunakan dalam Satuan Pendidikan untuk Mengevaluasi Mutu Pendidikan Siswa.

ANBK ini terdiri dari 3 Instrumen. Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terbagi menjadi Literasi, Numerasi, dan Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

AKM inilah yang akan Mengukur Literasi membaca dan Literasi Matematika (Numerasi) Murid.

Sementara Survei Karakter berguna untuk Mengukur Sikap, Nilai, Keyakinan, dan Kebiasaan yang Mencerminkan Karakter Murid.

Untuk Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk Mengukur Kualitas dari berbagai Aspek Input dan Proses Belajar-Mengajar di Kelas maupun ditingkat Satuan Pendidikan.

Dalam sambutan singkatnya Rumaf Berharap, agar Peserta Didik dapat menjawab dengan baik Tiga Jenis Asesmen yang akan dihadapi, sebab ini merupakan Barometer bagi nama baik Sekolahnya.

Adapun Materi ANBK 2022 dalam Numerasi yang akan diberikan berupa Soal Pilihan ganda. Pada Soal Jenis Pilihan ganda ini, Siswa dituntut untuk mendapatkan pertanyaan dengan Pilihan Jawaban berganda.

Peserta ANBK 2022 harus memilih Jawaban yang benar. Level selanjutnya yang agak lebih Sulit dari Pilihan ganda adalah Materi Pilihan ganda Kompleks.

Pada Soal pilihan ganda Kompleks ini, Siswa dituntut untuk bisa menentukan pernyataan yang tertera sesuai atau tidak dengan Stimulus yang diberikan.

Materi ANBK 2022 SMA selanjutnya yang Penting untuk diperhatikan adalah Menjodohkan Soal dengan Jawaban.

Peserta Ujian ANBK 2022, Wajib untuk bisa memilih Jawaban yang dianggap benar dalam Soal Menjodohkan Soal dengan Jawaban ini.

Peserta harus Jeli mana Jawaban yang benar untuk Soal yang tertera dan harus Teliti untuk menentukan Jawaban sebab ada Kemungkinan ada lebih dari satu Jawaban.

Selain itu, jumlah Jawaban yang tertera dengan Soal bisa lebih banyak Jawaban. Sehingga Peserta harus dapat memastikan mana Jawaban yang benar untuk setiap Soal yang diberikan.

Dalam Materi isian singkat, Peserta Ujian ANBK dituntut untuk dapat Menjawab Soal dengan Jawaban Singkat. Pilihan Jawaban yang tersedia adalah yang berupa Angka.

Terakhir adalah Soal Uraian. Terhadap Soal ini, Siswa Peserta Ujian dituntut untuk dapat menjawab Soal dengan Jawaban berupa Susunan Kalimat yang tepat.

Peserta harus dapat memahami maksud dari Pertanyaan sehingga dapat menyusun Jawaban Uraian dengan benar. Sebaiknya, jangan jawab Pertanyaan pada Soal Uraian secara bertele-tele.

"Kegiatan Pelaksanaan ANBK pada SMA Kristen Tual Tahun 2022 ini diikuti oleh 45 Peserta dan dibagi dalam 3 Sesi, masing-masing Sesi terdiri atas 15 Peserta Didik," tutup Kepala SMAK Tual, Juliana Koedoeboen. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top