RADAR POS, TUAL - Air Bersih merupakan kebutuhan dasar untuk kehidupan manusia. Demikian pula aktivitas kehidupan di pulau Duroa membutuhkan air bersih.

Untuk itu, pada akhir Tahun ini Pemerintah Kota Tual akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mengingat Masyarakat pulau Duroa yang terdiri dari Satu Desa dan Satu Dusun  merupakan pemilik sekaligus pengelola destinasi wisata Favorit (Pulau Bair dan Pulau Mas) yang berkembang pesat, maka disamping untuk kehidupan masyarakat sehari-hari, Juga dapat menunjang Home Industri di Desa Dullah Laut. Untuk itu ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan sebagai pendukung Industri Kepariwisataan bagi Desa Dullah Laut di Kecamatan Dullah Utara.

Salah satu alternative dan solusinya adalah menyalurkan air bersih dari pulau terdekatnya yaitu Pulau Dullah, Proyeksi kebutuhan air dengan debit harian minimal 30 Liter perdetik, kebutuhan air bersih tersebut akan disuplai dari Danau Ngadi.

Pada umumnya pemasangan pipa menyebrang laut dipasang pada dasar laut (Seabed) atau mengapung di permukaan air laut. Namun lautan antara pulau Duroa dan Pulau Dullah merupakan jalur pelayaran kapal, dan lautan tersebut merupakan palung curam dengan kedalaman lebih dari 200 meter maka kedua metode pemasangan pipa tersebut tidak dapat dilakukan.

Oleh sebab itu, satu-satunya cara adalah memasang pipa melayang pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan air laut. Pipa akan menerima berbagai macam gaya-gaya luar akibat tekanan hidrostatis air laut, hydrodinamik arus dan gelombang.

Penjelasan tersebut disampaikan Walikota Tual, Adam Rahayaan kepada media ini Pekan Lalu saat meninjau Pelabuhan Tambat Labuh di Desa Tamedan Kecamatan Dullah Utara.

Selain itu, Walikota juga berkenan melakukan peletakan batu pertama pembangunan satu unit Gardu untuk mendukung Sanitasi bagi Masyarakat Desa Tamedan sekaligus membuka Kegiatan sosialisasi penanganan kemiskinan ekstrem dan penyaluran bantuan kepada 19 Penerima Manfaat yang dipusatkan di Balai Desa Tamedan.

"Lebih lanjut Walikota katakan bahwa Tahun ini Pemerintah Pusat akan membangun 3 unit Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) masing masing 2 di Daratan Pulau Dullah dan Satunya lagi di Kecamatan Tayando Tam," tutup Rahayaan. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top