RADAR POS, TUAL - Bertempat di Aula Kantor Walikota Tual, Senin (07/11/2022), Dinas Kelautan Dan Perikanan Kota Tual Kembali menggelar Kegiatan Penyerahan Bantuan Paket Sarana dan Prasarana Perikanan bagi 70 Kelompok Perikanan maupun Perorangan.

Adapun Paket yang diberikan antara lain 40 Paket Berupa Sarana Penangkapan Ikan (Long Boat dan Mesin), 22 Paket Sarana Budidaya Rumput Laut dan Teripang (Keramba, Bibit Rumput Laut dan Teripang), 8 Paket Sarana Pengolahan dan Pemasaran.

Ke 70 Kelompok maupun Perorangan penerima Bantuan ini tersebar merata di 5 Kecamatan yang ada di Kota Tual.

Walikota Tual dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, S.Sos, M.Si katakan, Hingga detik ini Problem Klasik yang masih melekat pada para Nelayan, Pembudidaya maupun Pengolah dan Pemasar Produk Perikanan di Kota Tual adalah sebagai berikut:

Rendahnya SDM Pelaku Perikanan itu sendiri, Keterbatasan Armada Penangkap Ikan ukuran 5 - 30 GT, Lemahnya Kapasitas Kelembagaan Usaha Perikanan itu sendiri, Rendahnya Penguasaan Teknologi Penangkapan dan pemasaran Berbasis Digital, Akses Permodalan masih Rendah, Belum Berkembangnya Pola Kemitraan antara Pelaku Penangkapan Ikan dan Pelaku Usaha Perikanan.

Inovasi dan Daya Saing Produk Perikanan Masih Rendah serta tidak didukung dengan Regulasi dari Pemerintah Pusat yang justru memberikan Kewenangan kepada Provinsi untuk mengelola wilayah perikanan sejauh 0 - 12 Mil dari Pantai, padahal itu adalah Hak Ulayat Masyarakat Adat.

Hal ini mendorong Pemerintah Daerah lewat Dinas Kelautan dan Perikanan untuk menyeleksi Betul calon Penerima Bantuan Sarana dan Prasaran Perikanan, sebab tak jarang akibat tak memiliki kemampuan dan manajemen yang buruk mengakibatkan banyak dari para Nelayan Penerima Paket Bantuan selalu menjual aset yang mereka terima, dan itu berulang terus setiap Tahunnya.

Untuk itu, Renuat meminta agar Dinas Teknis maupun Dinas Terkait lingkup Pemerintah Kota Tual untuk mencari jalan Keluar bagi permasalahan para Nelayan di Kota Tual.

Kegiatan yang dihadiri oleh para pimpinan OPD serta perwakilan dari Para Penerima sebanyak 70 Orang ini diakhiri dengan Pembacaan surat pernyataan dan Penandatanganan Berita acara serta penyerahan paket bantuan secara simbolis oleh Sekda, Ketua DPRD, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tual.

Kegiatan penyerahan paket bantuan ini bersumber dari DAK Tahun 2022 dan DPA Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tual Tahun Anggaran (TA) 2022. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top