RADAR POS, MASOHI - Kodim 1502/Masohi Berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng), terus bergerak menjaga Ketahanan Pangan dengan Memanfaatkan Lahan atau Pekarangan di Seputaran Markas Kodim dan Koramil untuk Budidaya Tanaman Cabai dan Sayuran Panen Perdana pada, Rabu (11/01/2023).

Sebelumnya, Pemkab Malteng bersama Kodim 1502/Masohi melakukan Gerakan Menanam Cabai di Makodim 1502/Masohi, pada September 2022 kemarin.

Hasil Pembudidayaan yang selama beberapa Bulan lalu di Canangkan itu, kini telah Berhasil di Panen.

Dandim 1502/Masohi, Letkol Czi. Muhammad Yusuf Aksa katakan, Gerakan Pemanfaatan Lahan Kosong merupakan Bagian untuk Penguatan Ketahanan Pangan, untuk Menekan Laju Inflasi di Bumi Pamahanunusa.

"Kodim 1502/Masohi Intens menggalangkan Program Penguatan Swasembada Pangan Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), memanfaatkan Lahan Kosong di Area Makodim dan Koramil termasuk Petani di beberapa Sentra Produksi," kata Dandim 1502/Masohi.

Program ini, kata Dandim, selain Memotivasi Prajurit TNI juga Warga untuk memanfaatkan Lahan yang ada mengisinya dengan berbagai Tanaman Penyeimbang, karena selain bisa di Konsumsi juga bisa menambah Uang Belanja Keluarga.

Sebagai Pilot Project, Kodim 1502 telah Menanam sebanyak 10 ribu Tanaman Cabai, pada dua Lokasi.

Menurutnya, Penanaman Cabai yang dilakukan selain untuk Penguatan Ketahanan Pangan, ini merupakan Wujud Nyata untuk Memotivasi Masyarakat dalam Pemanfaatan Lahan Tidur guna menjadikannya sebagai Lahan Pertanian Produktif.

"Hasil dari Penanaman akan dibagikan kepada Warga yang Layak menerima atau masuk dalam Kategori Kemiskinan Ekstrem, melalui Program yang dicanangkan yakni, Babinsa Masuk Dapur," ucap Dandim 1502/Masohi.

Ia menambahkan, Penanaman Cabai dan Sayur dilokasi Markas Kodim hanya merupakan Pilot Project, dibandingkan yang ada di Korem yang Lahannya lebih Luas.

Dandim berharap, Program Ketahanan Pangan yang terus digalakkan oleh Pemkab Malteng bersama Kodim 1502/Masohi, dapat menjadikan Daerah itu sebagai Daerah Swasembada Pangan terutama Cabai, guna Menjawab Kebutuhan Hidup Masyarakat Maluku secara Umum maupun Malteng khususnya.

Turut hadir dalam Kegiatan Panen Ketahanan Pangan yakni: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malteng, Ketua Latupati Malteng, Staf Ahli Bupati Malteng, PJU TNI/Polri, Forkopimda,Raja Negeri Rutah dan Pimpinan OPD dilingkup Pemkab Malteng. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top