RADAR POS, MASOHI - Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Menggelar Workshop Pencegahan dan Penurunan Stunting serta Pembukaan Seminar Pada Kader PKK Posyandu Malteng yang Berlangsung di Baileo Ir. Soekarno pada, Sabtu (06/05/2023).

Selaku Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Malteng, Bella S. Marasabessy dalam sambutannya katakan, Kegiatan ini merupakan Bentuk Dukungan dan Komitmen Serius TP-PKK Malteng dalam upaya Penurunan dan Pencegahan Stunting dengan melakukan Pemberdayaan Pelatihan dan Berkolaborasi dengan berbagai Pihak.

"Saya sangat merasa Bersyukur karena dihari ini TP-PKK Malteng bisa menyelenggarakan Workshop Pencegahan dan Penurunan Stunting di Kabupaten Malteng," kata Ketua TP-PKK Malteng.

Kami sangat berharap, Kegiatan ini dapat Bermanfaat bagi kita semua dan dapat memberikan Kontribusi Positif terhadap Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak serta Pencegahan dan Penurunan Stunting di Malteng.

Lanjut dikatakan, selaku Pj Ketua TP-PKK Malteng, saya mempunyai Tugas dan tanggungjawab Penting untuk mendukung Keberhasilan Program Pembangunan Daerah melalui 10 Program Pokok PKK dengan melaksanakan berbagai Kegiatan di Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga, termasuk Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting.

Penanganan Stunting di Malteng merupakan salah satu Program Kerja Prioritas PKK dalam mendukung Program Kerja Ibu Widya Pratiwi Murad selalu Ketua TP-PKK Provinsi Maluku dan Ina Parenting Maluku.

"Stunting merupakan Isu Kesehatan yang sangat Serius pada saat ini, karena hal ini merupakan Prediktor rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang Dampaknya menimbulkan Resiko Penurunan Kemampuan Produktif suatu Bangsa," ucap Ketua TP-PKK Malteng.

Hal inilah yang melatar belakangi sehingga Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Stunting menjadi sangat Penting.

TP-PKK Malteng terus berupaya melakukan berbagai Program dan Kegiatan Intervensi Penurunan Stunting dari tingkat Kabupaten hingga ke Kecamatan dan Negeri, Bersama-sama dengan Pemerintah mencari Solusi yang Terbaik, karena Target Kabupaten Malteng Tahun 2024 harus sama dengan Target Nasional Penurunan Stunting yaitu 14% Persen.

Ketua TP-PKK juga menyampaikan beberapa Hal Penting secara Khusus kepada Bapak/Ibu Kepala Pemerintah Negeri bahwa, Peran dari Kepala Pemerintah Negeri selaku Pembina PKK Tingkat Negeri sangat Penting sekali dalam mendukung berjalannya Program dan Kegiatan PKK, salah satunya adalah Program Pengaktifan kembali Posyandu, yang merupakan Ujung Tombak Mencegah dan Menanggulangi Masalah Kesehatan Stunting sejak dini.

Saya selaku Ketua TP-PKK Malteng mengajak kepada Bapak dan Ibu Kepala Pemerintah Negeri agar mendukung sepenuhnya Kegiatan PKK diwilayah Kerja Masing-masing.

"Para Kepala Pemerintah Negeri (KPN) dapat Mendukung Gerakan PKK di Negeri, melalui Pemanfaatan Dana Desa (DD) yang sebagian di Prioritaskan untuk Alokasi Dana bagi Program PKK, baik yang dikelola secara Mandiri oleh PKK atau dengan Pendampingan dan Pengawasan dari Pemerintah Negeri, terutama mengenai Program Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting yaitu Posyandu," ujar Ketua TP-PKK Malteng.

Lanjut dikatakan, Keaktifan Posyandu dalam Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting di Negeri dapat dilakukan melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang Dananya Bersumber dari DD.

Terkait hal tersebut, saya sangat berharap Peran Aktif KPN dan Ketua TP-PKK Negeri untuk memberikan PMT yang Sehat dan Bergizi kepada Anak-anak kita dan bukan lagi dengan Biskuit, Susu Kotak atau Makanan Instan lainnya.

"Harapan saya bahwa, seluruh Anak-anak di Kabupaten Malteng dapat Terpenuhi Kebutuhan Gizi Berimbang dan dapat mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini demi Masa Depan mereka yang Gemilang," tutup Ketua TP-PKK Malteng. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top