RADAR POS, PIRU - Pembuangan Limbah secara sembarangan yang dilakukan oleh Pihak Perusahaan Sagu dikali Eti membuat Geram Warga yang tinggal diseputaran Lokasi kali, bagi Warga Desa Eti, kali ini memiliki Nilai Historis bagi Masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang Bertajuk Saka Mese Nusa, terkhusus Masyarakat Desa Eti.

Namun diduga Akibat Limbah Sagu yang dibuang Perusahan sembarangan ke kali, Warga kini mengeluh Akibat Bau tidak sedap serta Pencemaran Lingkungan yang ditimbulkan Akibat Limbah Sagu tersebut.

Menurut Warga, dari Hasil Penelusuran mereka, Limbah Sagu Perusahaan ini dibuang Langsung ke kali. Sehingga, membuat kali sekarang sudah Tercemar dan menimbulkan Bau yang tidak sedap, bahkan dibeberapa Lokasi kali kini berwarna Hitam.

Warga menduga, adanya Pencemaran Lingkungan yang dilakukan oleh Pihak Perusahaan, Warga meyakini kalau Perusahaan Sagu tersebut tidak memiliki Ipal yang baik sehingga Limbahnya Langsung dibuang ke kali.

Geram dengan apa yang dilakukan oleh Pihak Perusahaan Sagu, Warga disekitar kali Eti tidak tinggal diam, Warga bahkan telah melaporkan Persoalan ini ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten SBB.

"Beta (saya) sudah buat Laporan ke DLH, tinggal bagaimana DLH menindaklanjuti Laporan kami," kata Warga Setempat.

Anggota BPD Desa Eti juga katakan, bahwasanya Warga Desa Eti tidak pernah melarang Perusahaan Beroperasi, tapi Perusahaan juga harus memperhatikan Lingkungan dan Limbah Pengolahan, jangan dibuang sembarangan ke kali dan mencemari Lingkungan, apalagi kali ini adalah kali Sejarah yang memiliki Nilai Historis yang tinggi.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), Natalian Lesnussa mengatakan, menindaklanjuti Laporan Warga Desa Eti maka Dinas LH telah melayangkan Surat ke Desa dan Pihak Perusahaan.

"Surat sudah kami Layangkan baik itu ke Desa Eti dan Pihak Perusahaan, Pertemuan akan dilaksanakan Besok Berdasarkan Waktu yang dilayangkan dalam Surat," pungkasnya. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top