RADAR POS, AMBON - Dr. Rakib Sahubawa akan menjalani Tugas Baru sebagai Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng) untuk masa satu tahun mendatang. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malteng tersebut akan Dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail sebagai Pj Bupati Malteng pada 12 September.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menunjuk Sekda, Rakib Sahubawa menjadi Pj Bupati Malteng hingga 2024 menggantikan DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech.

"Rakib Sahubawa Resmi ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri tertanggal 5 September 2023," kata Mendagri Tito Karnavian dalam Keterangan Tertulis yang dikutip pada, Selasa (05/09/2023). 

Dalam Surat itu, Tertulis beberapa Poin, diantaranya: Rakib selama menjalankan Tugas sebagai Pj Bupati Malteng harus tetap menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Berikut memfasilitasi Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Malteng dan menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Dan menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kepada Mendagri melalui Gubernur paling sedikit tiga bulan sekali.

"SK Mendagri tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku. Rakib Sabubawa akan Dilantik dan diambil Sumpah oleh Gubernur Maluku  bertepatan dengan Masa Jabatan Pj Bupati Malteng sebelumnya berakhir," ucapnya.

Lanjut dikatakan, Sekda Provinsi Maluku, Sadli Le. Pelantikan tanggal 12 September 2023, karena tidak boleh terjadi Kekosongan Jabatan.

Mantan Sekda Kabupaten Malteng itu, ditetapkan setelah Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Jokowi, menyetujui nama Rakib Sahubawa menggantikan Muhamat Marasabessy yang Masa Jabatannya berakhir 12 September.

Pasalnya, sebelumnya Gubernur Maluku dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malteng telah mengusulkan Lima Nama kepada Mendagri.

Yakni, mereka adalah Rakib Sahubawa, Ahmad Jais Eli, Yahya Kotta, Bob Rahmat dan Muhamat Marasabessy.

"Sidang Pembahasan Terkait Pj Bupati Malteng sudah digelar TPA yang diketuai Langsung Presiden Widodo pekan kemarin di Istana Negara," ujarnya.

Lanjut dirinya menambahkan, Sidang TPA ini menggodok Tiga Nama Calon Pj Bupati Malteng yang disodorkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Berdasarkan Nama-nama Calon Pj Bupati yang diusulkan Gubernur Maluku dan DPRD Malteng.

"Pj Bupati Malteng yang baru akan menjalankan Tugas sampai dengan 8 September 2024," pungkasnya. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top