Komisi Pemilihan Umum Daerah, Kab. Maluku Barat Daya
RADAR POS, TIAKUR - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) siap menggelar salah satu tahapan dalam proses pilkada Kabupaten MBD, yakni pendaftaran bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati.

Hal tersebut dikatakan ketua KPUD MBD Alupatty Demmy ketika diwawancarai wartawan Kamis (03/09/2020) di ruang kerjanya.

Informasi yang Dihimpun Media ini, Pada kesempatan tersebut Alupatty Demmy mengungkapkan. Beberapa tahapan Pemilukada MBD telah dilewati dan dilaksanakan KPUD MBD.
 
"Kini KPUD MBD akan memasuki lagi satu tahapan yakni pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati MBD," katanya.

Proses pendaftaran balon bupati dan wakil bupati MBD tahun 2020 ini lanjutnya, akan digelar selama 2 hari. Yakni mulai sejak tanggal 4 September 2020 hingga 6 September 2020.

Selama proses pendaftaran ini, lanjutnya, KPUD  tetap menerapkan protokoler kesehatan, sebagaimana yang ditetapkan pemerintah dan diamanatkan dalam undang undang.
 
"Protokoler kesehatan tetap kami lakukan, dan kami telah berkoordinasi dengan pihak pihak terkait. Dan nantinya yang diizinkan masuk ke dalam ruangan pendaftaran hanya 15 orang saja," ujarnya.

Sedangkan mengenai jadwal kandidat yang akan mendaftar telah ditetapkan KPUD MBD, sesuai surat masuk yang diterima.

Sesuai surat masuk yang diterima KPUD MBD tambahnya, pasangan perseorangan atas nama John Leunupun selaku balon bupati dan Dolfina Markus selaku balon wakil bupati yang akan mendaftar pada hari Jumat tanggal 4 September 2020 pukul 10.00 Wit.

"Pasangan balon lainnya yang akan mendaftar pada hari yang sama yakni pasangan bakal calon atas nama Benyamin Thomas Noach selaku balon bupati dan Arie Kilikili sebagai balon wakil bupati. Paslon ini akan mendaftar pada pukul 13.00 Wit," ucapnya.
 
Sedangkan Paslon Niko Kilikili dan Desianus Odie Orno hingga kini belum menyurat secara resmi kepada KPUD MBD.

Namun secara lisan salah seorang pengurus partai Gerindra telah memberitahukan kepada KPUD, bahwa pasangan tersebut juga akan mendaftar pada Jumat besok. Namun jamnya belum ditentukan.

Untuk diketahui Pilkada MBD diikuti oleh tiga pasangan bakal calon yakni satu pasangan balon independen atau perseorangan dan dua pasangan bakal calon yang diusung koalisi partai politik.

Pasangan Benyamin Thomas Noach dan Arie Kilikili (Benyamin – Arie) diusung oleh PDIP, NasDem, PKPI, Demokrat dan Hanura. Dan didukung beberapa partai politik yang tidak non seat di DPRD MBD yakni, PAN, dan PKB.

Sedangkan Paslon Niko Kilikili dan Desianus Odie Orno didukung oleh Gerindra dan Golkar. (**)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top