RADAR POS, MASOHI - Gempa 6,0 SR Mengkibatkan Kerusakan Rumah di Beberapa desa di Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan masyarakat di arahkan untuk mencari dataran yang lebih tinggi guna untuk menjaga-jaga gempa susulan sesuai himbawan dari BMKG.

Gempa berkekuatan 6,0 SR guncang Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (16/06/2021) sekitar pukul 13.43 WIT. Mengakibatkan Air pasang hingga sampai ke pemukiman warga setempat di desa tehoru dan sekitarnya.

Keretakan Tanah
Sesuai himbawan yang di beritahukan dari BMKG bahwa, Waspada gempa susulan yang berpotensi Tsunami akibat lonsor ke bawa laut, bagi masyarakat di sepanjang Pantai Yaputih sampai Pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram Maluku agar segera menjauhi Pantai menuju ke dataran yang tinggi.

Himbawan ini membuat masyarakat Desa Tehoru dan sekitarnya segera mencari tempat pengungsian kedataran yang lebih tinggi dan aman untuk di jangkau masyarakat.

Sementara itu berdasarkan Informasi yang di peroleh, Gempa tersebut mengakibatkan sejumlah rumah dan tempat Ibadah yang rusak.

"Ada Kerusakan Rumah, Ada di Desa Haya, Desa Tehoru, Yaputih, serta beberapa rumah dan tempat Ibdah yang ratak di Dusun Mahu, saunolu akibat dari gempa tersebut," imbau BMKG.

Di samping itu sesuai Himbawan yang di beritahukan BMKG tersebut, Ada beberapa titik lokasih tempat pengungsian sementara masyarakat yang kami dapatkan, sore hingga malam tadi yang di peroleh dari Pemerintah Negeri Tehoru ada 17 (Tujuh Belas) Titik yang berjumlah: 2.358. jiwa diantaranya:

- Tehoru: 8 titik dengan 1.423 jiwa.
- Pasalolu: 4 titik dangan 410 jiwa.
- Saju: 2 titik dengan 197 jiwa.
- Mahu: 3 titik dengan 308 jiwa.
- Balita: 636
- Anak-Anak: 1.011
- Lansia:  711
- Jumlah= 2,358 jiwa.

Hingga saat ini masih dirasakan gempa susulan dan tidak ada korban jiwa dalam goncangan gempa tersebut. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top