RADAR POS, TUAL - PBD merupakan Perencanaan yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan, Program Pendidikan, Lembaga Pendidikan, maupun Pemerintah Daerah yang didasarkan pada Data Rapor Pendidikan.

Perencanaan berbasis Data bertujuan untuk mencapai Peningkatan dan Perbaikan Mutu Pendidikan yang berkesinambungan, melalui Rapor Pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika Kemendikbud Riset Dikti, DR. Gusti Made Ardana, S.Pd, MT saat membuka dengan Resmi Kegiatan PBD yang dipusatkan di SMK Kesehatan Romel Kota Tual, Rabu (10/08/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 6 Peserta ini terdiri dari 3 Kepala Sekolah dan 3 Operator masing-masing SMK Pelayaran Bahari, SMK Kesehatan Romel dan SMK Perikanan Luswed.

"Kegiatan yang dibimbing oleh 2 Orang Pemateri masing-masing Faha Zainal dan Zahrial Majid. Kedua Pemateri ini melakukan Pendampingan Perencanaan berbasis Data bagi 3 Sekolah Vokasi yang ada di Kota Tual selama sehari penuh," tutup Ardana.

Salah satu Peserta yang juga Kepala Sekolah SMK Pelayaran, Hamis Reliubun saat dimintai keterangan oleh Media ini katakan, Kegiatan ini Merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 sebagai Payung Hukum yang mengatur terkait beberapa hal antara lain:

Lingkup Standar Nasional Pendidikan, Pengembangan, Pemantauan dan Pelaporan Standar Nasional Pendidikan, Kurikulum, Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik dan Evaluasi Sistem Pendidikan, Akreditasi dan Sertifikasi.

"Maka PBD hadir melalui Wadah Evaluasi Sistem Pendidikan untuk menjadikan Satuan Pendidikan dan Pemerintah Daerah melakukan Penetapan Peningkatan Mutu secara berkelanjutan berdasarkan satu Data atau Single Source Of Data yang bermuara pada satu Platform Profil Pendidikan yang di dalamnya termuat Rapor Pendidikan yang merepresentasikan Evaluasi Layanan Pendidikan," tutup Reliubun. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top