RADAR POS, TUAL - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang Ke-77 dan HUT Provinsi Maluku yang Ke-77 maka Cabang Dinas Dikmen & Diksus Kota Tual menghadirkan UPTD Museum Siwalima Ambon.

Untuk Hadir di Kota Tual untuk Memberikan Edukasi sekaligus Memamerkan berbagai Benda Pusaka maupun Benda Bersejarah yang dipakai oleh para Pahlawan asal Provinsi Maluku dalam Perjuangan merebut dan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia kepada para Pelajar di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Dikmen & Diksus Kota Tual, Samsudin Rumaf, S.Pd katakan bahwa, Kegiatan Pameran Keliling Museum Siwalima ini adalah yang Pertama kali dalam Sejarah, dan Kota Tual adalah yang Pertama Menyelenggarakannya.

Kegiatan ini selaras dengan Kegiatan Museum Siwalima yang bertajuk Program Publik dan di Danai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku Tahun 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Tual sejak Tanggal 11 hingga 12 Agustus 2022 ini mengambil Tema: "Maluku Dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia" dengan Target Menyebarluaskan Data dan Informasi tentang Koleksi Museum Masyarakat dan Generasi Muda.

"Pada Umumnya dapat Mengenal Museum dan Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air yang Direfleksikan dalam bentuk Peninggalan para Leluhur baik itu berupa Bukti Sejarah maupun Narasi Autentik tentang Perjuangan dan Kepahlawanan dari para Pejuang asal Provinsi Maluku," kata Rumaf.

Diakhir sambutannya, Rumaf berharap agar Kegiatan ini dapat Memberikan Manfaat guna Pelestarian Kebudayaan dan Sejarah Perjuangan Bangsa.

Pemerhati Sejarah dan para Pendidik pada Satuan Pendidikan yang ada di Kota Tual baik TK/PAUD, SD, SMP, baik yang ada di Kota Tual maupun Kabupaten Malra, berterima kasih kepada Cabang Dinas Dikmen & Diksus Kota Tual yang telah menghadirkan Pameran Keliling Museum Siwalima bagi para Pendidik serta Pelajar, Pengunjung dan Masyarakat Kota Kepulauan Kei.

Mereka berharap, agar Kegiatan Museum Keliling ini dapat Memberikan Motivasi sekaligus Manfaat kepada Generasi Muda untuk Menanamkan Rasa Cinta akan Tanah Air. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top