RADAR POS, TUAL - Sejatinya dalam Akreditasi adalah segala Portofolio luar dalam Wajah suatu Sekolah selama 5 Tahun ke belakang.

Akreditasi hadir untuk membuat Sekolah semakin maju karena Akreditasi Sekolah punya serangkaian Kriteria dan Syarat yang mesti dipenuhi.

Intinya Sekolah yang akan di Akreditasi akan diketahui mana kelebihannya dan mana kekurangannya.

Ada Empat standar Pendidikan yang akan menjadi Penilaian Utama Proses Akreditasi. Yakni Komponen Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru dan Manajemen Sekolah. Dalam Komponen tersebut ada beberapa Butir untuk dilakukannya Proses Penilaian. 

Penjelasan tersebut disampailan oleh Janaba Rengiwur dan Dwi Rusmiyanti selaku Asesor 1 dan 2 yang tengah melakukan Visitasi Akreditasi pada SMA Kristen Tual, Senin (29/08/2022).

Rengiwur lebih lanjut katakan, Akreditasi ini merupakan Proses yang berkesinambungan dari Evaluasi diri, Refleksi, dan Perbaikan (Accreditation Is a Continuous Process Of Self-Evaluation, Reflection, and Improvement).

"Dalam Akreditasi terdapat Kegiatan Penilaian (Asesmen) Sekolah secara Sistematis dan Komprehensif melalui Kegiatan Evaluasi Internal dan Evaluasi Eksternal (Visitasi) untuk menentukan Kelayakan dan Kinerja Sekolah," kata Rengiwur.

Akreditasi dapat dipandang sebagai Instrumen Regulasi diri (Self-Regulation), dengan maksud agar suatu agar Sekolah  dapat memahami Kekuatan dan Kelemahan diri dan berdasarkan atas Pemahaman Kekuatan dan Kelemahan diri tersebut,  Sekolah dapat melakukan Perbaikan Mutu secara berkelanjutan (Quality Continues Improvement).

"Akreditasi juga dapat dipandang sebagai hasil Penilaian dalam bentuk Sertifikasi Formal terhadap Kondisi suatu Sekolah yang telah memenuhi Standar Layanan tertentu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yang pada akhirnya membuat Masyarakat tidak ragu untuk menyekolahkan anaknya pada Sekolah dengan Akreditasi A," ucap Rengiwur.

Sementara itu, Kepala SMA Kristen Tual, J. Koedoeboen kepada Media ini sangat berterima kasih atas Visitasi dari Para Asesor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku yang telah berkenan hadir di Kota Tual dalam rangka Visitasi Akreditasi khususnya di SMA Kristen Tual. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top