RADAR POS, TUAL - Kepala Cabang Dinas Dikmen & Diksus Kota Tual, Samsudin Rumaf, S.Pd lakukan Kunjungan ke SMA Negeri 4 Tual dalam rangka Monitoring Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sekaligus merupakan Program Penilaian Mutu Sekolah dan Program Kesetaraan Jenjang Dasar dan Sekolah Menengah, Rabu (31/08/2022).

ANBK merupakan Program Evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan Mutu Pendidikan dengan tiga Instrumen antara lain:

Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Literasi, Numerasi.
Survey Karakter.
Survey Lingkungan Belajar.

Kepala SMA Negeri 4 Tual, Habiba Rengur kepada Media ini katakan bahwa, Sekolahnya pada tahun ini mengikutkan Peserta Didik Kelas XI sebanyak 49 Siswa yang dibagi dalam 2 Sesi masing-masing 25 Sesi Pertama dan 24 Sesi Kedua.

"Saat ini Kementrian Dikbud Riset Dikti sedang gencar-gencarnya melaksanakan ANBK untuk seluruh Satuan dan Jenjang Pendidikan diseluruh Indonesia sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka," kata Rengur.

Adapun Materi Asesmen meliputi: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilaksanakan untuk mengukur Literasi Membaca dan Literasi Matematika atau Numerasi Siswa.

Pokok Bahasan yang akan dinilai dari Literasi membaca antara lain:

Kemampuan Memahami.
Kemampuan Menggunakan.
Kemampuan Mengevaluasi.
Kemampuan Merefleksikan Berbagai Jenis Teks Tertulis.

Sementara Pokok Bahasan untuk Numerasi adalah sebagai berikut:

Kemampuan dalam Mengelola Konsep.
Kemampuan dalam Mengelola Prosedur. Kemampuan dalam Mengelola Fakta.
Kemampuan Mengelola Alat Matematika.

Survei Karakter pada Survei Karakter, Pokok Bahasan yang akan diukur antara lain:

Cara Siswa dan setiap Lini Pendidik Bersikap.
Perkembangan Nilai Peserta Didik.
Keyakinan.
Kebiasaan Siswa dan Sekolah.

3. Survei Lingkungan Belajar pada Survei Lingkungan Belajar, Pokok Bahasan yang akan dinilai adalah Aspek Pendukung Kualias Pembelajaran dilingkungan Sekolah.

Tim akan Mengukur, Mengevaluasi, dan Memetakan Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Sekolah apakah cukup untuk menunjang Pendidikan atau tidak.

Lebih lanjut, Ibu Kepsek Rengur jelaskan bahwa, tujuan ANBK 2022 untuk Sekolah dan Satuan Pendidikan secara Luas adalah sebagai berikut:

Untuk mengetahui Kekurangan Materi dan Fasilitas Pendidikan ditingkat SD sampai SMA/SMK/Sederajat.

Setelah mengetahui Kekurangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta semua Pihak yang berwenang dibidangnya akan mencari Solusi untuk meningkatkan Mutu dan Kualitas.

"Untuk mewujudkan Siswa/Siswi berkualitas dan dapat diandalkan dimasa depan, maka diperlukan Evaluasi dalam bentuk ANBK ini," tutup Rengur. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top