RADAR POS, TUAL - Diterapkannya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 adalah untuk meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional.

Asesmen Nasional adalah Program Evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dengan Peserta Siswa, Guru, dan Kepala Sekolah (Kepsek).

ANBK ini digelar dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan dengan menengok Input, Proses, dan juga Output Pembelajaran di Sekolah-sekolah di Indonesia.

Pelaksanaan ANBK pada Tahun ini dilaksanakan secara Online dan Semi Online.

Sedikitnya ada Tiga Instrumen yang digunakan oleh Kemendikbud untuk mengukur Keberhasilan di ANBK tahun 2022, meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

"SMK Pelayaran Bahari Tual sebagai Sekolah Kejuruan di Bidang Kemaritiman pada Tahun Pelajaran 2022 ini mengikutkan Peserta Didik Kelas XI sebanyak 45 Siswa yang dibagi dalam 3 Sesi dan dilaksanakan selama 2 hari," kata Kepala SMK Pelayaran Bahari Tual, Hamis Reliubun, ST disela-sela Pelaksanaan ANBK Gelombang Kedua kepada Media ini, Rabu (31/08/2022).

Reliubun melanjutkan bahwa, disamping ANBK sebagai Tolok Ukur ada pula Instrumen Pendukung lain yang Ikut menentukan Keberhasilan suatu Lembaga Pendidikan seperti Skill dan Kompetensi Peserta Didik itu sendiri.

"Asesmen Nasional bagi Peserta Didik Kelas XI ini merupakan Barometer untuk mengukur Keberhasilan Peserta Didik dari Sisi Kompetensi Minimum sehingga Aspek Numerasi, Literasi Survey Karakter dan Survey Lingkungan ikut mempengaruhi Mutu Pendidikan Sekolah itu sendiri," ucap Reliubun.

Asesmen Nasional Bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi Tujuan Utama Sekolah, yakni Pengembangan Kompetensi dan Karakter Murid.

Asesmen Nasional juga memberi gambaran 
tentang Karakteristik Esensial sebuah Sekolah yang Efektif untuk mencapai Tujuan Utama tersebut.

"Hal ini diharapkan dapat mendorong Sekolah untuk Memfokuskan Sumber Daya pada Perbaikan Mutu Pembelajaran," tutup Reliubun. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top