RADAR POS, TUAL - Asesmen Nasional tidak menentukan Kelulusan, Asesmen Nasional diberikan kepada Siswa bukan di Akhir Jenjang Satuan Pendidikan, Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai Peserta Didik yang menjadi Peserta Asesmen, Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat Skor atau Nilai Peserta Didik secara Individual.

Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi Dasar dilakukannya Perbaikan Pembelajaran, dengan demikian, Asesmen Nasional tidak terkait dengan Kelulusan Peserta Didik.

Penilaian untuk Kelulusan Peserta Didik merupakan Kewenangan Pendidik dan Satuan Pendidikan.

Demikian Penjelasan Kepala SMA Negeri 2 Tual, Ruslan Letsoin, S.Pd pada, Rabu (31/08/2022) saat membuka dengan Resmi Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2022.

Pelaksanaan ANBK untuk SMA Negeri 2 Tual yang terletak di Pulau Kur ini terbilang Istimewa sebab Penyematan tanda Peserta dilakukan oleh Kapolsek Pulau Pulau Kur - Kur Selatan, sementara untuk Rilis Tokennya dilakukan oleh Danramil Pulau Pulau Kur - Kur Selatan.

"Panitia Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 diketuai oleh Rizal, S.Pd dengan Proktor Yunita Salmanu dan Teknisinya Said Boiratan, S.Pd adapun Peserta Utama ANBK berjumlah 40 Siswa dengan Cadangan 5 Peserta," kata Letsoin.

Lebih lanjut Letsoin katakan, Asesmen Nasional ini bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi Tujuan Utama Sekolah, yakni Pengembangan kompetensi dan Karakter Murid.

"Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang Karakteristik Esensial sebuah Sekolah yang Efektif untuk mencapai Tujuan Utama tersebut," ucap Letsoin.

Letsoin melanjutkan, Asesmen Nasional adalah Program Penilaian terhadap Mutu setiap Sekolah/Madrasah, dan Program Kesetaraan pada Jenjang Dasar dan Menengah.

Mutu Satuan Pendidikan dinilai berdasarkan Hasil Belajar Murid yang mendasar (Literasi, Numerasi, dan Karakter) serta Kualitas Proses Belajar Mengajar dan Iklim Satuan Pendidikan yang mendukung Pembelajaran.

"Informasi-informasi tersebut diperoleh 
dari Tiga Instrumen Utama yaitu: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar," tutup Letsoin. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top