RADAR POS, TUAL - Dalam merumuskan kerja pendidikan, Kemdikbudristek telah menetapkan Visi Pendidikan Indonesia sebagai panduan, yakni Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, madiri dan berkepribadian melalui terciptaya Pelajar Pancasila yang bernalar kristis, kreatif, madiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong dan berkebineaan global.

Untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dikeluarkan kebijakan Merdeka Belajar bagi tercapainya pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berbagai kebijakan Merdeka Belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia sudah diluncurkan, di antaranya, Penggantian UN, Penyesuaian Kebijakan BOS, Program Organisasi Penggerak, Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak dan yang terakhir adalah Rapor Pendidikan Indonesia.

Demikian Penjelasan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah Dan Pendidikan Khusus Kota Tual Samsudin Rumaf SPd saat membuka Kegiatan Sosialisasi Rapor Pendidikan Dan Perencanaan Berbasis Data yang dipusatkan di Aula SMA Negeri 7 Tual Senin 05 September 2022.

Dalam pengantarnya Kepala SMAN 7 Tual Ny.J Songyanan katakan Perencanaan berbasis data adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan Pemerintah Daerah menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta dan merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam siklus perencanaan pemerintah daerah.

Adapun dasar hukum perencanaan berbasis data adalah PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Permendikbudristek Nomor 09 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistim Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Ny Songyanan melanjutkan bahwa
Tujuan dari Perencanaan Pendidikan yang terdapat dalam PP Nomor 57 Tahun 2021 adalah untuk peningkatan kualitas proses dan hasil belajar secara berkelanjutan berdasarkan evaluasi diri Satuan Pendidikan.

Selanjutnya dari kegiatan pendidikan dituangkan dalam rencana kerja jangka pendek dan rencana kerja jangka menengah. Kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi SMA -SMK pada Kantor Cabang Dinas Dikmen & Diksus Kota Tual A. Rahawarin. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top