RADAR POS, MASOHI - Anggota DPR RI, Mercy Chriesty Barends, ST menegaskan Harmonisasi dalam Persatuan dan Kesatuan Bangsa di Era Digitalisasi untuk menjawab Tantangan Globalisasi saat ini sangatlah Penting. Hal itu ditegaskan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang digelar secara Firtual di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Teon Nila Serua (TNS) pada, Senin (10/10/2022) malam.

Anggota DPR Dapil Maluku dua Periode ini menegaskan Tantangan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara saat ini makin berkembang. Salah satunya diantaranya adalah Radikalisme, Ekstrimis dan Tantangan Intoleransi.

"Radikalisme, Ekstrimisme itu sudah ada wujudnya. Pembakaran dimana-mana Masjid dibakar, Gereja dibakar dan lain sebagainya. Karenanya Kehidupan Berbangsa yang telah diletakan dengan baik oleh Founding Father kita Bung Karno dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara harus terus kita Bangun," jelasnya.

Lebih jauh Politisi Partai Besutan Megawati Soekarnoputri itu menambakan beberapa hal Penting dalam Upaya membangun Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang sejalan dengan semangat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, salah satunya adalah dengan membangun Sistem Nilai, Penegakan Hukum serta Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Guna menangkal Tantangan itu, kita harus mampu menata Sistem Nilai. kita harus menata Sistem Nilai untuk mengisi Sistem yang ada saat ini. Sistem Nilai yang kita anut harus sejalan dengan Etos Kerja kita. tidak bisa Sistem Nilai kita A namun kemudian Etos Kerja kita B. Hal ini Penting agar menjadi Sistem yang Inklusif, Sistem yang berpihak pada Kepentingan Masyarakat dan menghasilkan Inovasi dan Perubahan agar mampu menjawab Tantangan dan Kemajuan dan seterusnya," urainya.

Dikatakan selain Penataan Sistem Nilai Upaya lain yang sangat diperlukan dalam menjawab Tantangan Kehidupan saat ini adalah dengan Pengakuan Hukum serta Pembangunan SDM.

Selain Pembangunan Sistem Nilai dan Penegakan Hukum. Upaya yang lebih Penting adalah bagaimana membangun Sumber Daya Manusia yang menganut Sistem Nilai tadi. Itulah yang kita sebut dengan membangun Karakter Building.

"Albert Einstein menyebutkan Pengetahuan tanpa Agama artinya Kematian. sedangkan Agama tanpa Pengetahuan itu Kehancuran. Hal ini berarti dengan Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tidak bisa bebas Nilai. Artinya harus ada Nilai yang diisi dalam setiap Kemajuan dan Teknologi agar Kemajuan itu berdampak bagi Masyarakat," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi satu DPRD Malteng, Zeth Latukarlutu mengungkapkan Sosialisasi Empat Pilar ini menjadi sangat Penting untuk Menumbuhkembangkan kembali Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Masyarakat mengacu dan bertumpu pada Ideologi kita yakni Pancasila.

Dia berharap, para Peserta yang hadir mengikuti Kegiatan tersebut bukan hanya Terkait Penyerapan Materi semata tetapi selebihnya menjadi Kekuatan dan Kemauan bersama mewujudkan Gerakan bersama Elemen Bangsa untuk Transformasi Sosial Bangsa, sekaligus Menangkis sejumlah Persoalan seperti Globalisasi, Liberalisme, Fundamentalisme, Terorisme dan berbagai Ancaman lain.

"Kita hanya punya satu Isme yakni Nasionalisme yang Berbasis kepada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Ini yang perlu saya titipkan kepada seluruh Masyarakat TNS agar Empat Pilar ini terus hidup dalam diri kita dan menjadi sesuatu yang diimani untuk ditularkan kepada orang lain sebagai Falsafah hidup bersama," pungkasnya. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top