RADAR POS, MASOHI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Menggelar Pembukaan Kirab Setahun Menuju Pemilu 2024. Yang Berlangsung dihalaman Kantor KPU, Jalan RA. Kartini, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi pada, Selasa (09/05/2023).

Gelaran Kirab Setahun Menuju Pemilu 2024 itu ditandai dengan Penyerahan Bendera Merah Putih dan Bendera KPU dari Sekretaris KPU Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kepada Ketua KPU Malteng.

Ketua KPU, Abdussamad Ningkeula dalam sambutannya katakan, Setahun menuju hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa, Pelaksanaan Kirab Pemilihan Umum Tahun 2024 yang kita Laksanakan hari ini adalah merupakan suatu Momentum Sosialisasi yang sangat Penting dalam upaya untuk mewujudkan Pemilihan Umum sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

"Sebelum tiba di Kabupaten Malteng, Estapet Kirab Pemilu 2024 Jalur VII (Tujuh) telah melewati beberapa Wilayah dengan Rute yang sangat Eksrim baik itu Gunung, Lembah. Beberapa Rute yang dilalui tidak pernah kita kenal atau ketahui, akan tetapi lewat Perjalanan Jalur Kirab ini kita akan ketahui bahwa, betapa Luasnya Indonesia dengan berbagai Ragam Adat Istiadat dan Budaya termasuk cara Penyambutan Tamu," kata Ningkeula.

Pada Momentum Kirab itu, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Mateng menyambut para Tamu dari KPU Kabupaten SBT yang membawa Estapet Kirab Pemilu untuk dikibarkan di Kabupaten Malteng.

"Kepada Saudara-saudara kita dari Kabupaten SBT Selamat Datang di Kabupaten Malteng, Negeri Pamahanunusa yang merupakan Kabupaten Induk," ucap Ningkeula.

Penyambutan dilakukan dengan Tarian Cakalele Ciri Khas Maluku dari Negeri Amahai, yang merupakan Pemangku Adat Wilayah Kota Masohi, Ibu kota Kabupaten Malteng.

Disamping itu, Tarian ini juga Menggambarkan bagaimana Melindungi dan Mengayomi Tamu yang berada bersama kita sebagai bentuk Kehormatan.

"Nilai-nilai Kehormatan Seorang Tamu akan menjadi Kebanggaan tersendiri bagi Pelindungnya itulah Prinsip Satria para Kapitang," ujar Ningkeula.

Diketahui, Kirab Pemilu akan berlangsung selama Enam hari kedepan. Setelah itu, pihaknya akan melanjutkan Estapet Kirab Pemilu ke Kabupaten SBB pada 15 Mei pekan depan.

Pada kesempatan ini pula, dalam sambutan Penjabat (Pj) Bupati  Malteng DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Rony Hetharia katakan, saya berharap KPU selaku Penyelenggara Pemilu agar memastikan bahwa, seluruh Masyarakat yang sudah memiliki Hak Pilih dalam Pemilu Tahun 2024 harus Tercatat di dalam Daftar Pemilih.

Ini Hak Konstitusional Warga Negara yang harus kita Lindungi dengan baik. Saya berkewajiban mengingatkan Hal ini, sebab salah satu Pemicu Ketegangan dan Gangguan Kamtibmas terutama di Hari Pelaksanaan Pemungutan Suara yakni masalah DPT.

"Jika KPU membutuhkan Koordinasi dan Dukungan Pemerintah, maka kami akan selalu Siap dan Terbuka dalam mendukung Tugas-tugas KPU," kata Marasabessy

Saya Bersyukur, Tahapan Pemilu yang sementara berlangsung di Daerah ini berjalan dalam Suasana yang Aman dan Kondusif. 

"Saya berharap, Partai Politik Peserta Pemilu harus Intensif memberikan Pendidikan Politik bagi Masyarakat." ucap Marasabessy.
 
Untuk itu, saya mengajak seluruh Elemen Masyarakat untuk Bersama-sama menjaga Keamanan dan Ketertiban selama Proses Pemilu berlangsung. Mari kita jaga Persatuan dan Kesatuan, serta saling menghargai Perbedaan yang ada. 

"Terakhir, saya ingin mengucapkan Terima Kasih kepada seluruh Pihak yang telah Berkontribusi dalam menyelenggarakan Kegiatan Kirab Pemilu 2024 ini," tutup Marasabessy.

Diberitakan bahwa, Kirab Pemilu 2024 itu dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Rony Hetharia, Kapolres Malteng, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri Masohi, Kajari Malteng dan Kepala Kementrian Agama (Kemenag) setempat serta para Pimpinan Partai Politik Malteng. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top