RADAR POS, MASOHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Berkolaborasi dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah. Yang digelar dilantai dua Pasar Binaya Masohi itu diduka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Malteng, Ny. Bella Fajrah Musfirah Marasabessy pada, Senin (24/07/2023).

Bella berharap, Sosialisasi Pengelolaan Sampah dapat membawa Manfaat bagi Masyarakat, tentang bagaimana Menjaga dan Merawat Lingkungan yang baik. Istri Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech itu kemudian Mengapresiasi digagasnya Kegiatan yang Penting itu, sekaligus sebagai Momentum Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

"Atas nama TP PKK Kabupaten Malteng, saya sangat Mengapresiasi Kegiatan ini, karena melalui Sosialisasi Persampahan, diharapkan dapat meningkatkan Pemahaman Masyarakat dan kita semua tentang Pentingnya menjaga Lingkungan, khususnya dalam mengelola Sampah dengan benar," kata Pj Ketua TP PKK.

Dikatakan, Persoalan Persampahan saat ini menjadi sesuatu yang sangat Penting dalam Kehidupan kita bermasyarakat. Pasalnya, Per-harinya, setiap Orang Berkontribusi dalam Memproduksi Sampah, baik Sampah Organik maupun non Organik. 

Dalam Kehidupan Masyarakat Modern di Perkotaan, masalah Persampahan menjadi Tren karena berkaitan dengan Sistem Penataan dan Tata Kelola Lingkungan.  

Tentu, apabila Pengelolaan Sampah dilaksanakan dengan baik, benar dan Terpadu akan memberikan Kontribusi besar terhadap Keindahan Kota serta Kualitas Udara yang setiap hari kita Hirup. Dan sebaliknya, jika Pengelolaan Sampah tidak baik tentu akan berpengaruh Keindahan dan Kesehatan Lingkungan kita.

Lebih lanjut Fajrah menambahkan, Pengelolaan Persampahan di Indonesia diatur berdasarkan UU Nomor: 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

"Dalam Undang-undang ini, yang dimaksud dengan Sampah adalah Sisa Kegiatan Sehari-hari Manusia dan/atau Proses Alam yang berbentuk Padat," ucap Pj Ketua TP PKK.

Sampah yang kita Hasilkan biasanya kita buang ke tempat Sampah atau dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) dan selanjutnya akan diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup menggunakan Truk Sampah ke tempat Pemrosesan Akhir.

Sosok Ibu Pj Ketua TP PKK yang dikenal Peduli dan Responsif dengan Kegiatan Olahraga dan Seni dikalangan Masyarakat Kabupaten Malteng itu menguraikan sebagai Produsen atau Orang yang memproduksi Sampah sebaiknya harus pula melakukan Kegiatan Penanganannya yang tentu baik dan benar.

"Tentu sebagai Produsen atau Orang yang Memproduksi Sampah, Masyarakat Seyogyanya harus pula melakukan Kegiatan Penanganan Sampah secara Mandiri sebagaimana yang dilaksanakan oleh Pemerintah Meliputi, Pemilahan Sampah sesuai Jenis, Jumlah dan/atau Sifatnya, Pengumpulan Sampah, Pengangkutan, Pengolahan dan Pemrosesan Akhir," ujar Pj Ketua TP PKK.

Proses itu sangat Penting agar bisa mengurangi Beban Pengelolaan Sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup di Kabupaten Malteng, Pengelolaan Sampah cukup besar, dimana pada Tahap Pemilahan 2,22 m3/hari, Pengumpulan 74 m3/hari, Pengangkutan 74 m3/hari, Pengolahan 2.22 m3/hari dan Pemrosesan Akhir 74 m3/hari.

Untuk itulah, melalui Kegiatan ini kiranya Masyarakat dapat diberikan Pemahaman tentang apa yang harus dilakukan pada setiap Tahapan Pengelolaan Sampah tersebut.

Musfirah menyambut baik bahkan Memuji Pelaksanaan Dinas Lingkungan Hidup bergelar Pamahanunusa itu yang telah menggagas Terlaksananya Kegiatan Positif dan Penting itu.

Saya sungguh Mengapresiasi Kinerja dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malteng dalam Pengelolaan Sampah di Daerah ini. Setiap hari tidak pernah terjadi Penumpukan Sampah sehingga Kota ini selalu Terlihat Bersih dan Rapi. Perlu juga saya Ingatkan kepada kita bahwa, Sampah dapat juga dimanfaatkan menjadi Peluang Usaha. Kedepan PKK Kabupaten Malteng akan melakukan Kegiatan Pemberdayaan sehingga Masyarakat bisa Memanfaatkan Peluang Usaha dari Sampah yang diproduksi.

Mengakhiri sambutanya, Marasabessy berharap semua unsur Masyarakat mulai dari Lingkungan Keluarga bisa Berkolaborasi dalam Penanganan Masalah Sampah.

"Mari kita jaga Kebersihan Lingkungan kita dengan Senantiasa membuang Sampah pada tempatnya dan mengurangi Produksi Sampah dalam Kehidupan kita Sehari-hari," tutup Pj Ketua TP PKK.

Ditempat yang sama Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kabupaten Malteng, Corneles Soparue menjelaskan, Dana Kegiatan itu serta sejumlah Kegiatan lain Bersumber dari Dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) Mitra DLH Kabupaten Malteng.

"Kami menyampaikan Apresiasi dan Rasa Hormat kami kepada Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Malteng, Ny. Bella F. M. Marasabessy yang atas Atensi dan Dukungannya pada Kegiatan ini dapat berlangsung," ungkap Kadis Lingkungan Hidup.

Selain itu, kami perlu menyampaikan Pembiayaan Kegiatan Penting ini serta sejumlah Kegiatan lainnya Bersumber dari sana CSR Mitra DLH Kabupaten Malteng diantaranya, PT. Pertamina Depot Masohi, PT. Wahana Lestari Infestama, PT. Nusa Ina Grup, PT. Waragonda, PT. Candi Suli Mitra Sejati, PT. Sumber Daya Wahana, PT. Aneka Sumber Tata Bahari dan CV. Karya Dwi Tunggal.

Giat Sosialisasi Pengelolaan Sampah dipaparkan oleh sejumlah Narasumber Berkompeten mereka Masing-masing Ketua TP PKK Malteng, Ny. Bella F. M. Marasabessy, Dosen Fakultas Perikanan, Dosen Pasca Sarjana Program Studi MSL Unpatti, Prof. DR. Debby A. J. Selanno, M.Sc dan Pihak Faldo Lambiombir dan dari Pihak PT. Milion Limbah Ambon dan Putri Remaja Maluku, Thania Lailossa, Diskominfo Malteng. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top