RADAR POS, MASOHI - Siap Mengamankan Pemilu 2024, Kepolisian Republik Indonesia Polres Maluku Tengah (Malteng) Menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata. Yang berlangsung dilapangan Upacara Mapolres, Jl. Siwabessy, Kelurahan Namaelo, Kota Masohi pada, Selasa (17/10/2023).

Apel Gelar Pasukan Mantap Brata ini, diawali dengan Latihan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Jelang Pemilu 2024 Mendatang.

Berbagai Simulasi dilakukan dalam Kesempatan tersebut, dimulai dari Proses Tahapan Pemilu, Pemungutan Suara, Penghitungan hingga Rekapitulasi. Kemudian sampai Pengaman dalam Kondisi yang tidak diinginkan. Mulai dari Masa Hijau, Masa Tenang, Masa Kuning sampai beralih kepada Situasi Merah.

Kegiatan Apel dipimpin oleh Kapolres Malteng, AKBP Dax Emanuelle S. Manuputty. Selain itu, tampak Aparat Gabungan dari TNI dan Brimob Batalyon B Pelopor Amahai juga dilibatkan dalam Apel Siaga tersebut.

Dalam paparan, Kapolres Malteng membacakan Amanat Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Dimana terdapat beberapa Poin Penting yang diembankan kepada seluruh Jajaran Aparat Gabungan yang Terlibat dalam Pengamanan Pemilu itu.

"Guna Mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementrian/Lembaga, Instansi Terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya Menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024," katanya.

Kapolri menjelaskan bahwa, Operasi itu dilwksanakan selama 222 hari yang mana akan dimulai dari tanggal 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024.

"Adapun Aparat yang dilibatkan diseluruh Indonesia sebanyak 261.695 untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu nantinya," ucapnya.

Dikatakan, Polri juga telah membentuk Pola Pengamanan Sistem Wilayah atau Zonasi bagi Personel Korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara. Dimana untuk Korps Brimob terbagi dalam 4 Wilayah sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 Zonasi.

Tak hanya Itu, Polri juga akan menyiapkan 2.000 Personel Brimob Power On Hand Kapolri serta 8.500 Personel Dalmas Nusantara yang Siap di Mobilisasi kapanpun dan dimanapun keseluruh Wilayah Indonesia.

Sebagai Dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri juga Menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk membangun Narasi besar Persatuan dan Kesatuan serta Kemajuan Bangsa diatas Kepentingan Kelompok.

Lanjut dikatakan, guna Mengantisipasi Polarisasi Akibat Pemberita Hoaks, Isu Sara serta Propaganda Firehouse Of Falsehood dan Black Campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai.

"Sebagai Pusat Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi (K3I), Operasi Ini akan didukung oleh Command Center ditingkat Mabes Polri sampai dengan Polda Jajaran," ujarnya.

Dalam Arahan Kapolres Malteng, Dax Emanuelle S. Manuputty menjelaskan, Operasi Sispamkota Mantap Brata dalam Rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pihaknya Menerjunkan sebanyak 1.800 Personel Gabungan Polisi dan TNI. 

Hari ini kita Kerjasama bersama Elemen dari TNI-Polri, Pemerintah Kabupaten, KPU, Bawaslu beserta Stakeholder untuk Menjaga Situasi Keamanan diwilayah Hukum Polres Malteng tetap Aman dan Nyaman untuk Masyarakat selama Tahapan Pemilu 2024 berlangsung.

"Dengan adanya Simulasi tersebut, kami Polri khususnya Polres Malteng ingin memberikan Keyakinan kepada Masyarakat dan kami Optimis bahwa, Pemilu di Kabupaten Julukan Pamahanunusa itu akan berlangsung Aman dan Lancar pada Pelaksanaannya 14 Februari mendatang," pungkasnya. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top