RADAR POS, AMBON - Badan Intelijen Nasional (BIN) memastikan Situasi di Provinsi Maluku menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari masih dikategorikan Aman.

Kepastian ini disampaikan Kepala BIN Daerah Maluku, Brigjen TNI Anton Irianto Popang kepada Media usai mengikuti Seminar dan Dialog Kebangsaan diaula Auditorium Universitas Pattimura (Unpatti) pada, Rabu (31/01/2024).

Dikatakan, dari Hasil Pengawasan yang dilakukan, belum ditemukan adanya Potensi Konflik yang bisa menggangu jalannya Pesta Demokrasi lima tahunan ini.

Hanya saja, menurutnya terdapat Intrik-intrik kecil, namun hal tersebut dapat diantisipasi lewat Komunikasi dan Koordinasi dengan Stakeholder termasuk Kepolisian.

"Sampai dengan saat ini Potensi Konflik memang belum ada, tapi dari beberapa Kejadian yang kita bisa lihat sampai dengan saat ini hingga tahapan Pemilu berjalan saat ini memungkinkan kita bisa diantisipasi. Namun saat ini dengan untuk terjadi Konflik dalam Rangka untuk menggagalkan Pemilu belum ada," katanya.

Ditanya titik Rawan Konflik, Kepala BIN mengakui hingga kini baru hanya sebatas Penyebaran Hoax yang berlebihan berupa Fitnah dan sebagainya. Namun semua itu, sudah di Counter dengan menyampaikan Informasi yang benar.

"Sampai sejauh ini masih sebatas Penyebaran Hoax yang berlebihan, apakah Fitnah dan sebagainya, kita sudah Counter dengan menjelaskan Kebenaran. Tapi kalau yang memfitnah kita coba mengkomunikasikan agar yang memfitnah tidak melakukan lagi berdasarkan Hasil Pemantauwan Patroli Cyber," ucapnya.

Lebih lanjut kata Brigjen Anton Irianto Popang, BIN tidak Segan-segan mengambil langkah Ektrem bagi Pihak-pihak yang ingin merusak dan menggangu jalannya Pemilu.

"Jika ada Pihak-pihak yang ingin membahayakan Bangsa dan Negara kita akan mengambil langkah yang lebih Ekstrim. Jika ada unsur Potensi Pidana, kita mencari Bukti-bukti dan berikan, apalagi di dalam BIN sudah ada Penegakan Hukum semua ada, baik Kepolisian Kejaksaan maupun Bawaslu," ujarnya.

Kepala BIN juga memastikan akan melakukan berbagai upaya dalam Rangka memastikan agar tahapan Pemilu bisa berjalan Aman, lancar dan baik.

"Sesuai Petunjuk Kepala BIN bersiap membantu, agar seluruh Penyelenggaraan Pemilu seluruh tahapan hingga Perhitungan dapat berjalan dengan baik," pungkasnya. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top