RADAR POS, MASOHI -
Dinas Perikanan Kabupaten Malteng (Malteng) menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Perikanan dalam Rangka Sinkronisasi Program Pembangunan Perikanan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng, Jauhari Tuarita, S.Pi mewakili Pj Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si yang dihadiri oleh Kadis Perikanan Kabupaten Malteng, Haris Bandjar dan sejumlah Pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng pada, Rabu (27/03/2024).

Dalam sambutannya, Tuarita katakan, sebagai Wujud Komitmen Peran Pemkab, maka perlu ada Pembangunan Berkelanjutan disektor Kelautan dan Perikanan.

"Daerah kita adalah Kepulauan, Pesisir dan memiliki Potensi yang cukup besar. Kalau dikelola dengan baik, ditunjang dengan Program yang bagus, saya yakin bisa membantu Pembangunan di Kabupaten Malteng. Khususnya disektor Kelautan dan Perikanan," kata Pj Sekda.

Ia berharap, Forum ini mampu merumuskan Kebijakan dan Program Strategis yang dapat memacu Percepatan Pembangunan disektor Perikanan.

Terkait dengan itu, ada beberapa Hal Penting yang merupakan Isu Faktual agar menjadi Perhatian kita semua dalam merumuskan suatu Kebijakan Pembangunan.

Sehingga, apa yang kita Program-kan pada tahun 2025 Benar-benar dapat menjawab segala Permasalahan dan Tantangan yang ada diantaranya: Penurunan Kemiskinan Ekstrem, Penurunan Stunting, Peningkatan Pelayanan Dasar dan Pertumbuhan Ekonomi serta Reformasi Birokrasi.

Lanjut ia mengatakan, perlu dipahami oleh kita semua bahwa, pentingnya memajukan Pembangunan dalam Bidang Perikanan dan Kelautan, guna meningkatkan Konsumsi Ikan yang bertujuan menaik-kan Taraf Gizi Keluarga dan Masyarakat demi Pemberdayaan dan Kesejahteraan.

"Kabupaten Malteng tidak ingin Ketinggalan dalam Gerak Laju Nasional dimana Visi Indonesia Emas 2045 yang menginginkan Pendapatan per-kapita yang tinggi. Sehingga, Sektor Kelautan dan Perikanan menjadi Andalan untuk meningkatkan Pendapatan per-kapita di Kabupaten Malteng," ucap Pj Sekda.

Untuk itu, Sektor Kelautan dan Perikanan perlu didorong agar dapat memberikan Dampak Ekonomi bagi Daerah terutama menjadi Solusi dalam Peningkatan Ekonomi untuk mengentaskan Kelompok Masyarakat Miskin Ekstrem dan Stunting.

Saya percaya, Program dan Kinerja Dinas Perikanan Malteng, mampu melampaui Target Pembangunan Daerah dengan Kolaborasi dan Kerja samanya.

Untuk itu, Tuarita berharap, kiranya kita mampu merumuskan beberapa Kebijakan-kebijakan dan Program Strategis untuk memacu Percepatan Pencapaian Target Pembangunan Sektor Perikanan dan Kelautan agar bisa dipetakan sesuai dengan Skala Prioritas Pembangunan serta Penyesuaian Kemampuan Pendanaan Kabupaten Malteng.

"Sehingga, akan lebih tepat dan Bermanfaat bagi Masyarakat. Saya sangat berharap bahwa, lewat Forum ini bagaimana Dinas Perikanan bisa menghasilkan suatu Perencanaan Pembangunan Sektor Perikanan dan Kelautan yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan dapat menjadi Sektor Utama Penggerak Ekonomi di Kabupaten Malteng," pungkas Pj Sekda (RPF).

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top