RADAR POS, MASOHI -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) lewat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPD tahun 2025.

Dengan mengusung Tema Percepatan Pertumbuhan Ekonomi menuju Malteng Maju, Sejahtera Berkelanjutan pada, Kamis (18/04/2024). Yang bertempat di Baileo Ir. Soekarno, Kota Masohi.

Penjabat (Pj) Bupati DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Malteng, Dra. Silviana Mattemu, M.Si secara Resmi membuka Kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Ibu Silviana katakan, Kegiatan Musrenbang RKPD Bertujuan untuk memastikan bahwa, Perencanaan Pembangunan Daerah berjalan selaras dengan Kebijakan Nasional dan Daerah serta menjawab Kebutuhan Aspirasi Masyarakat Kabupaten Malteng yang Tahapannya telah dilakukan melalui Musrenbang yang telah dilakukan pada Tingkat Negeri/Desa dan Kecamatan.

"Tantangan kita saat ini di Kabupaten Malteng adalah Upaya kita menurunkan Tingkat Kemiskinan Terutama Kemiskinan Ekstrim, Penurunan Stunting, Pengendalian Inflasi, Penggunaan Produk dalam Negeri, Penguatan Birokrasi serta Stabilisasi Politik dan Keamanan, Penuntasan Tantangan-tantangan ini tentu memerlukan Pengembangan Cara-cara baru, Nilai-nilai baru melalui Kerja Keras dan Kerja Produktif melalui Terobosan dan Inovatif," katanya.

Dirinya juga menambahkan, Fokus kita dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Kedepan menjadi sangat Penting untuk dilaksanakan diantaranya:

Pertama, Peningkatan Ekonomi melalui Identifikasi peluang Ekonomi Local yang Potensial terutama pada Sektor Perikanan, Pertanian, Pariwisata dan Industri Kreatif.

Kedua, Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelibatan Masyarakat dalam Proses Pembangunan dimulai dari Proses Perencanaan sampai Pelaksanaan Program. Sehingga, Pembangunan yang dilaksanakan Benar-benar sesuai dengan Kebutuhan.

Ketiga, Pembangunan Infrastruktur perlu memperkuat Transportasi, Komunikasi dan Infrastruktur Dasar lainnya untuk mendukung Kemajuan Daerah.

Keempat, Lingkungan Hidup melalui Pelaksanaan Pembangunan Berkelanjutan dengan memperhatikan Kelestarian Lingkungan.

Kelima, Kerjasama dan Sinergi antara Pemerintah, Sektor Swasta dan Masyarakat.

"Melalui Musrenbang ini, kita dapat menghasilkan Rencana Kerja yang Kongkrit dan Realistis untuk mencapai Tujuan kita yaitu, Kabupaten Malteng yang Maju dan Berkelanjutan serta dirinya mengajak seluruh Peserta dan Undangan yang Hadir untuk Sama-sama Bangun Komitmen dan Pengabdian Tanpa Batas Melayani yang belum Terlayani, Menjangkau yang belum Terjangkau, Memperbaiki yang masih Kurang, Memperkuat yang sudah Bagus, untuk Membangun Malteng menjadi Jendela Indonesia Timur guna mendukung Terwujudnya Pembangunan Maluku Emas," pungkasnya. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top