Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat
RADAR POS, PIRU - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBB, Zulkifli Soulisa mengatakan pernyataan adanya banjir di Buano Utara adalah tidak benar.

“Itu hanya genang air yang telah ada sejak dahulu, maka hampir setiap tahun kalau terjadi hujan maka akan terjadi genangan air di daerah tersebut jadi bukan banjir, tidak ada banjir di Buano Utara,”tegas Soulisa yang dihubungi di Piru, Selasa (15/01/2019) Kemarin.

Menurut Soulisa, diri telah melaporkan hal tersebut kepada BMKG provinsi Maluku dan Geologi pusat.

“Saya telah melaporkan kepada BMKG dan Geologi Pusat, bahwa itu bukan banjir dan BPBD kabupaten terus memantau. Kita telah memasang alat pemantau di semua kecamatan untuk memantau setiap kondisi yang terjadi dan kami tetap siaga 1 x 24 jam,” ungkap Soulisa

Ditambahkannya lagi, bahwa apa yang terjadi di Buano Utara itu bukanlah banjir. Melainkan itu hanya genangan air, yang disebabkan karena hujan. Dan ada oknum oknum yang menyebarkan gambar genangan air tersebut, seolah-olah terjadi banjir Buano Utara.

“Ada yang foto genangan air tersebut dan mengatakan bahwa telah terjadi banjir. Hal itu tidak benar. Di daerah itu datarannnya rendah, maka kalau ada hujan sedikit maka terjadi genangan. Jadi saya tegaskan tidak ada banjir di Buano utara, jangan melemparkan isu atau berita hoaks, ” tegas Soulisa.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Himpunan Pelajar Mahasiswa Pulau Buano (HIPMA Nusa Puan) melalui Ketua Umum Abdullah Hitimala, mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat dalam hal ini Dinas Bencana Alam agar segera turun untuk mengatasi Bencana banjir atau meluapnya air Telaga (Danau) di Negeri Buano Utara Kecamatan Huamual Belakang–SBB.

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top