RADAR POS, MALRA - Bupati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Drs. Hi. Muhammad Thaher Hanubun Membuka dengan Resmi Pelaksanaan Festifal Budaya Ohoi Wab di Pantai Ngur Vat Namsir di tandai dengan pemukulan Gong, Acara diawali dengan penjemputan rombongan Bupati dilapangan Ohoi Wab dengan Tarian penjemputan dan berarak menuju ke lokasi Pembukaan Festifal, Selasa (23/03/2021).

Doa pembukaan oleh Pendeta Majelis Jemaat Ohoi Wab, dilanjutkan dengan Laporan Penanggungjawab kegiatan Festifal dan Pembacaan Puisi oleh Bengkel Sastra Nuhu Evav.

Pagelaran Festifal tersebut diisi dengan Pertunjukan Seni Budaya berupa Tarian Adat, Nyanyian Adat, Permainan Tradisional, Pameran hasil kerajinan, Kuliner tradisional, benda - benda adat, dan pentasan Seni Adat istiadat lokal Ohoi Wab lainnya.

Festifal Budaya Ohoi Wab tersebut berlangsung selama tiga hari, 23 s/d 25 maret 2021 dan di meriahkan oleh putra putri Ohoi Wab, dihadiri masyarakat Ohoi Wab dan desa sekitar, Tamu undangan, Wisatawan lokal maupun Asing, dan juga keterlibatan OPD Pemerintah Daerah Kabupten Maluku Tenggara.

Festival ini juga melibatkan beberapa komunitas peduli budaya dan sastra di kepulauan Kei.

"Bupati Maluku Tenggara dalam sambutan menyampaiakn bahwa, Ada tiga iven besar yang ditawarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dan sudah menjadi Perhatian Kementrian Pariwisata diantaranya adalah: Festifal Budaya Ohoi Wab,
Festifal Meti Kei, dan Festifal Nen Dit Sakmas," kata Hanubun.

Ketiga Iven ini oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku tenggara telah dicanangkan menjadi Iven Tahunan di Kabupaten Maluku Tenggara.

"Untuk itu, Bupati Maluku Tenggata mengharapkan kesiapan seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Ohoi Wab untuk menyiapkan diri dalam mengolah Pariwisata Budaya di Daerahnya, dalam hal ini bagaimana caranya menciptakan Rasa Nyaman, Aman bagi Wisatawan," tutup Hanubun. (RPR)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top