RADAR POS, MASOHI - Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan dan Capaian Kinerja Kesejahteraan Masyarakat tahun 2021 di Kabupaten Maluku Tengah, Senin (20/12/2021).

Mewakili Bupati Maluku Tengah, Asisten 1 Setda Malteng, Wem Istia dalam sambutanya Katakan, Kegiatan ini sangatlah Penting terutama dalam Rangka Mengidentifikasi semua Persoalan yang berkaitan dengan masalah Kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, sehingga nantinya dapat dirumuskan langkah-langkah serta Kebijakan yang tepat untuk penanganannya. 

Hal ini sejalan dengan tujuan Pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan Komitmen Global dan Nasional dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat. 

Pembangunan di bidang Kesejahteraan Rakyat secara Nasional telah mendapatkan Perhatian yang Serius selain Pembangunan di Bidang Ekonomi, Politik dan Hukum.

"Kemajuan Pembangunan di bidang Kesejahteraan Rakyat tidak hanya menjadi tujuan yang Penting untuk dicapai dalam upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, tetapi juga akan menjadi dasar yang Esensial bagi Demokrasi yang Stabil dan Ekonomi yang terus berkembang," katanya.

Karena itu, Tolak Ukur keberhasilan Pembangunan Daerah tidak semata-mata melihat Pertumbuhan Ekonomi, tetapi perlu dilengkapi dengan ukuran lain, seperti Kesejahteraan Rakyat. Pembangunan di Bidang Kesejahteraan Rakyat merupakan Pilar Pokok untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia karena langsung menyentuh pada upaya memperbaiki Kualitas Hidup Masyarakat agar mempunyai Daya Saing Tinggi dalam Era Persaingan Global yang semakin ketat. 

Pada konteks lokal, secara umum Pembangunan Kesejahteraan di Kabupaten Maluku Tengah telah dilaksanakan dengan baik antara lain pada Aspek Pengentasan Pengangguran, Pembangunan, Pengentasan Kemiskinan, PMKS, Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Perumahan.

Namun, perlu saya tekankan agar semua Instansi terkait dan Stakeholder harus dapat bekerja lebih keras lagi terutama dalam upaya Penanggulangan Kemiskinan, penyelenggaraan Pendidikan dan Kesehatan serta Penanganan Masalah Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

"Di samping itu perlu pula Membangun Koordinasi yang baik pada Lintas Sektor dalam Penanganan Masalah Kemiskinan Ekstrim di Maluku Tengah," ucapnya.

Kita perlu menentukan Prioritas agar dapat memfokuskan Sumber Daya dan mendorong Percepatan Pengurangan Kemiskinan Ekstrim, sehingga Target Kemiskinan Ekstrim Nihil pada tahun 2024 dapat tercapai. 

Mengingat pentingnya Penyelenggaraan Pemerintahan untuk mewujudkan Kesejahteraan bagi seluruh Masyarakat, sekali lagi saya mengharapkan Komitmen semua pihak dalam Meningkatkan Daya Saing di masa depan melalui Perbaikan Kemampuan Masyarakat Miskin, Meningkatkan Kemampuan Ekonomi setiap tingkatan ke tingkat yang lebih tinggi, Meningkatkan Pemerataan, Mengurangi Kesenjangan Antar Wilayah, Antar Kelompok dan Antar Individu. 

Selanjutnya dalam upaya, Menekan dan Menurunkan tingkat Penyebaran Covid-19 di Maluku Tengah, saya juga mengharapkan Peran Aktif dari semua pihak untuk terus Mensosialisasikan Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada Masyarakat serta mengajak Masyarakat untuk melaksanakan Vaksinasi demi Percepatan terbentuknya Herd Immunity di Kabupaten Maluku Tengah. 

"Semoga dengan Ikhtiar kita bersama dan doa-doa dari seluruh Masyarakat Maluku Tengah dapat terus tumbuh dan berkembang, sejahterah dan Pandemi Covid-19 bisa segera berakhir," tutupnya.

Turut hadir: Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Kepala Bagian, Para Camat dan Insan Pers. (RPT)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top