RADAR POS, TUAL - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Corneles Syiauta atas Nama Gubernur Maluku Membuka Secara Resmi Kegiatan Forum OPD Bidang Lingkungan Hidup Se-Provinsi Maluku yang digelar di Aula Kantor Walikota Tual, Kamis (24/02/2022).

Kegiatan yang mengambil Tema: "Pengelolaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil Berbasis Kearifan Lokal dan Berwawasan Lingkungan" ini diikuti oleh Para Kadis Lingkungan Hidup dari 8 Kabupaten/Kota Se-Maluku.

Pembukaan yang ditandai dengan Pemukulan Gong ini juga menghadirkan Dinas Terkait Dilingkup Pemeritah Provinsi Maluku dan Pemkot Tual.

Salah satu Agenda yang dibicarakan adalah Kampung Iklim sebab Provinsi Maluku adalah Daerah Kepulauan yang Rentan terhadap Perubahan Iklim.

Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan Program Nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Rangka meningkatkan Keterlibatan Masyarakat dan Pemangku Kepentingan lain untuk melakukan Penguatan Kapasitas Adaptasi terhadap Dampak Perubahan Iklim dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca serta memberikan Pengakuan terhadap upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan Kesejahteraan di tingkat Lokal sesuai dengan Kondisi Wilayah.

Pelaksanaan ProKlim Mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung Komponen Utama, Syarat Pengusulan, Penilaian dan Kategori ProKlim.

Dalam Peraturan Menteri tersebut juga disinggung bahwa, ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada Wilayah Administratif paling Rendah setingkat Desa atau Dusun.

Syiauta berharap, Melalui Forum ini tersusunnya Dokumen Perencanaan Rencana Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota yang Efisien, Efektif, Akuntabel dan Berkualitas. (RPY)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top