RADAR POS, TUAL - Pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi Maluku memerlukan perhatian yang sangat serius, baik dari lembaga pendidikan swasta maupun negeri, pemerintah, masyarakat dan seluruh "Stakeholder" pendidikan.

Untuk mengimplementasikan tujuan pendidikan, terlebih diera otonomi saat ini, kegiatan peningkatan kualitas pendidikan harus dilaksanakan secara terencana, terprogram dan berkesinambungan oleh seluruh lini yang terkait dengan pendidikan.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, DR. Ir. Insun Sangadji, MS.i saat menggelar Rapat bersama Para Kepala Sekolah SMA-SMK-SLB Se-Kota Tual dan Maluku Tenggara yang dipusatkan di Ruang Guru SMA Negeri 1 Tual, Senin (31/10/2022).

Lebih lanjut Sangadji menambahkan bahwa Langkah konkrit yang harus dilakukan yaitu dengan peningkatan kinerja guru dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. 

Guru harus mampu menawarkan sekaligus mempraktekkan konsep pembelajaran yang menarik, sehingga mampu mengantarkan anak didik ke depan pintu kesuksesan.

"Salah satunya adalah Kegiatan pembelajaran 
yang interaktif merupakan terjemahan dan pengimplementasian dari suatu bidang 
ilmu," kata Sangadji

Kualitas pendidikan merupakan kebutuhan sekaligus tuntutan yang hakiki untuk mencapai tujuan pendidikan.

Apabila kita perhatikan tujuan pendidikan dalam sistem pendidikan nasional (Sisdiknas), yaitu membentuk manusia Indonesia seutuhnya dalam arti tersedianya sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas mampu mempertahankan dan 
mengembangkan manusia Indonesia di tengah-tengah bangsa di dunia.

Tanpa pendidikan yang berbobot dan berkualitas, upaya mencerdaskan bangsa dan mengembangkan sumber daya manusia seutuhnya sulit mencapai sasaran.

"Kualitas pendidikan juga sangat menentukan dalam penyiapan sumber daya manusia yang Profesional dan Berkualitas," tutup Sangadji.

Rapat kerja bersama para Kepala Sekolah ini juga diikuti oleh Kepala Cabang Dinas Dikmen & Diksus Baik Kota Tual maupun Maluku Tenggara. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top