RADAR POS, AMBON -
Tiga (3) Nama Calon Penjabat (Pj) Gubernur Maluku sudah berada di Meja Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi) yang diusulkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang di Ketuai oleh Presiden.

Tiga nama itu adalah 1. Prof. Zainal Abidin Rahawarin, 2. Mayjen TNI-AD Dominggus Pakel serta 3. Jufri Rahma.

Sesuai dengan Arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat semula Berkunjung ke Jakarta dan Kebetulan ada Kegiatan dan Tim Otonomi Daerah (OTDA) Kemendagri turun ke Ambon dan kami sudah Ketemu Tim OTDA diruang Ketua DPRD.

Demikian dikatakan Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur George Watubun (BGW) diruang Kerjanya di Rumah Rakyat Karang Panjang Ambon pada, Selasa (26/03/2024).

Menurut BGW, Kemendagri telah menjelaskan Tiga Nama yang diusulkan DPRD Maluku kemarin tetap berlaku dan pada saatnya nanti Proses Penyampaian ke Presiden.

"Jadi Ketiga Nama itu nanti ditambah dengan Usulan Mendagri lalu Kemudian diajukan ke TPA yang dipimpin langsung oleh Presiden untuk menentukan Satu (1) Nama," katanya.

Informasi yang kami dengar itu sudah diajukan dan sudah ada di Meja Presiden, tinggal kita menunggu siapa yang nanti ditetapkan.

Dikatakan, Terkait Hasil Konsultasi DPRD Maluku beberapa Waktu lalu yang salah satu Point Penting adalah dengan Keputusan MK, maka Kemendagri mengarahkan DPRD untuk  melakukan Paripurna untuk Pembatalan Proses Pengacuan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Maluku.

"DPRD Maluku tentu menunggu Surat dari Mendagri karena Lembaga tidak melaksanakan secara Lisan," ucapnya.

Namun sampai dengan Kehadiran dari Tim OTDA ke Daerah, mereka sudah menjelaskan bahwa, DPRD Menyurati dengan Mempertimbangkan Surat sebelumnya, ditambah dengan Putusan MK. Sehingga, DPRD melanjutkan Proses-proses yang sudah dilakukan.

Prinsipnya, tidak ada Masalah sudah dilaksanakan dan kami sudah Ajukan Surat ke Mendagri Terkait Proses Agenda Pemberhentian Gubernur-Wagub. Sehingga, tepat tanggal 24 April 2024 sudah ada Pj Gubernur Maluku yang baru.

"Jadi tanggal 24 April 2024 nanti merupakan Akhir Masa Jabatan saudara Gubernur, Murad Ismail dan Wagub Maluku, Bernabas N. Orno," pungkasnya. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top