RADAR POS, AMBON - Pemerintah Kota (Pemkot) dibawah kepemimpinan Walikota Ambon, Drs. Bodewin M. Wattimena, M.Si menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan pelayanan publik dengan menghadirkan Call Center Darurat 112, layanan terpadu yang dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam situasi genting dan darurat.
Komitmen ini disampaikan langsung oleh Walikota usai mengikuti Sosialisasi dan Rapat Teknis Kesiapan Penyelenggaraan Call Center Darurat 112 yang digelar oleh Akselerasi Infrastruktur Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI), bertempat di Balai Kota Ambon pada, Rabu (23/07/2025).
"Semua mendukung dan kita pastikan layanan ini dapat berjalan maksimal untuk membantu masyarakat. Tujuannya agar warga yang menghadapi situasi seperti bencana, kebakaran, masalah kesehatan, hingga gangguan keamanan bisa segera mendapatkan pertolongan," kata Wattimena.
Walikota menegaskan, Call Center 112 akan beroperasi selama 24 jam penuh dengan sistem kerja shift, guna memastikan kesiapsiagaan petugas dalam merespons berbagai situasi darurat.
Tak hanya itu, personil yang bertugas akan dibekali pelatihan intensif tentang etika pelayanan serta komunikasi darurat yang baik dan efektif.
"Layanan ini bukan hanya cita-cita, tetapi sebuah sistem nyata yang akan kita operasionalkan dengan sungguh-sungguh. Infrastruktur, sarana, dan prasarana sudah tersedia, tinggal kita maksimalkan pelaksanaannya," ucap Wattimena.
Melalui Call Center 112, Pemkot Ambon akan mengintegrasikan seluruh unsur penanganan darurat, mulai dari pemadam kebakaran, layanan kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga aparat keamanan dalam satu sistem terpadu.
"Hal ini diharapkan mampu mempercepat respons dan menyelamatkan lebih banyak nyawa dalam situasi genting," tambah Wattimena.
Ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi nyata antar semua pihak, demi memastikan masyarakat memperoleh layanan yang cepat, tepat, dan maksimal.
"Sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon yang akan datang, Walikota memastikan, bahwa peluncuran resmi Call Center 112 akan menjadi salah satu agenda utama," ujar Wattimena.
Layanan ini menjadi kado istimewa bagi warga Kota Ambon sekaligus tonggak baru dalam reformasi pelayanan publik berbasis digital.
"Launchingnya akan kita lakukan pada HUT Kota Ambon nanti. Ini bukti nyata bahwa, Pemkot hadir untuk melindungi, melayani dan menyelamatkan masyarakat dalam berbagai situasi," demikian Wattimena. (RP-02)
0 Comments:
Posting Komentar