RADAR POS, AMBON - Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa (HL) menerima Kunjungan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (RI), M. Najih bersama Ketua Ombudsman Perwakilan Maluku dan jajaran dikantor Gubernur Maluku pada, Rabu (22/10/2025).

Pertemuan tersebut berlangsung hangat dan membahas berbagai isu penting terkait pengawasan pelayanan publik dan evaluasi program strategis nasional di provinsi Maluku.

Lewerissa, menyambut baik kunjungan tersebut dan menilai pertemuan ini sebagai langkah positif untuk memperkuat sistem pengawasan eksternal terhadap kinerja pemerintahan daerah.

"Pertemuan ini sangat baik. Ketua Ombudsman RI menyampaikan hasil dan progres opini pengawasan pelayanan publik yang sedang dilakukan diberbagai daerah, termasuk di Maluku," kata Lewerissa.

Menurutnya, Ombudsman tengah fokus memantau pelaksanaan program-program prioritas Pemerintah Pusat (Pempus), diantaranya yaitu: program Makana Bergizi Gratis (MBG), Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDKMP), Sekolah rakyat, serta program pemeriksaan kesehatan gratis.

Selain itu, Ombudsman juga menilai indeks kepuasan publik terhadap pelayanan publik di provinsi Maluku, yang menjadi indikator penting dalam mengukur efektivitas dan kualitas kinerja birokrasi.

"Tentu saja ini penting bagi kami, karena kita tidak bisa mengidentifikasi diri sendiri. Kita juga butuh pihak eksternal seperti Ombudsman untuk menilai dan mengawasi, agar kita dapat memperbaiki pelayanan publik dari waktu ke waktu," ucap Lewerissa.

Dirinya menegaskan, peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku.

"Sebagai Gubernur, saya berharap pelayanan publik di Maluku wajib ditingkatkan, agar persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah semakin membaik dari tahun ke tahun. Tantangan memang banyak, tetapi bukan alasan untuk berhenti berbenah," tegas Lewerissa.

Orang nomor satu dibumi raja-raja ini menyampaikan komitmen pemerintah provinsi Maluku untuk terus memperbaiki kinerja dan transparansi pelayanan publik.

"Pengawasan Ombudsman menjadi cermin bagi kita. Hasilnya nanti akan menjadi bahan introspeksi untuk memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Daerah," pungkasnya. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top