RADAR POS, TUAL - Bagian Perekonomian Setda Kota Tual Menggelar Sosialisasi Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tual bagi Aparatur Pemerintahan Desa dan Kelurahan di Kecamatan Dullah Selatan dan Dullah Utara, yang Bertempat di Aula Kantor Walikota Tual, Rabu (21/07/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, S.Sos, M.Si  ini Dipandu oleh Kabag Perekonomian, Usman Borut dan Materi Sosialisasi Disampaikan oleh Direktur PDAM Kota Tual, Ria Far Far.

Dalam paparannya Direktur PDAM Kota Tual katakan, sejak Tanggal 24 Juni 2021 telah Terbit Peraturan Daerah Nomor 01 Tahun 2021 Tentang Perubahan Nama dari PDAM menjadi PERUMDA / Perusahaan Umum Daerah Air Minum Maren Kota Tual.

Ria Far Far juga menguraikan bahwa, sejak Tahun 2019 sampai dengan Hari ini Pelanggan pada Perumda Air Minum Maren telah mencapai 3.785 Sambungan atau sekitar 25,05 persen dan Diupayakan sampai dengan Tahun 2023 Delapan Ribuan Rumah di Dua Kecamatan di pulau Dullah seluruhnya sudah dapat menikmati Pelayanan Air Bersih dari Perumda Maren.

Adapun untuk Pelanggan terbagi menjadi 2 Kategori yakni Domestik untuk Masyarakat serta Non Domestik untuk Swasta dan Pemerintah dan akan Dibagi menjadi 4 Kelompok Harga yakni:

1. Kelompok Sosial.
2. Kelompok Rumah Tangga.
3. Instansi Pemerintah.
4. Kelompok Usaha.

Pengelompokan Ini sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 23 Tahun 2015 tentang Tarif Berlangganan Air Bersih pada Perumda Maren yang meliputi Reguler untuk Swasta dan Pemerintah serta Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Khusus untuk MBR maka semua Biaya Material dan Sambungan di Subsidi oleh APBD, sehingga masyarakat hanya membayar Biaya Langganan Perbulan Rp 350 Ribu.

Bagi Calon Pelanggan yang Hendak berlangganan cukup membawa KTP, Materai dan Rekening Listrik dan Prosesnya hanya 4 Hari pelanggan sudah dapat menikmati Air Bersih.

"Pada Tahun 2021 ini Perumda Maren akan memasang Pipa Bawah Laut untuk mengalirkan Air Bersih bagi Warga Dusun Pulau Fair sebanyak 600 Rumah dan pada Tahun ini juga Perumda Maren akan melayani Air Bersih untuk Area Pelabuhan Laut," tutup Ria Far Far.

Kegiatan Sosialisasi yang Diikuti oleh Camat Dullah Selatan dan Utara serta para Kades dan Lurah ini Ditutup oleh Kabag Perekonomian Setda Kota Tual. (RPS)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top