RADAR POS, MASOHI - Bupati Maluku Tengah, Hi. Tuasikal Abua, SH Membuka dengan Resmi Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tahun Anggaran (TA) 2023-2026, yang berlangsung di Baileo Ir. Soekarno, Kota Masohi, Senin (18/04/2022).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang) RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2023. Merupakan Sebagai Bagian dari Amanat Konstitusi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Musrenbang RKPD pada hari ini Memiliki makna yang sangat penting, karena Merupakan salah satu Proses atau Tahapan dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. 

Sebagai Dokumen Perencanaan untuk Mewujudkan Pembangunan Berkeadilan dan Berkelanjutan, RKPD Merupakan peta arah Pembangunan Daerah dalam jangka waktu Perencanaan Tahun 2023, yang akan dibahas bersama dengan para Pemangku Kepentingan atau Stakeholder Pembangunan Daerah, termasuk DPRD selaku Mitra Pemerintah dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, untuk selanjutnya menjadi Pedoman dalam Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan tahunan Daerah dan Instrument Penilaian Kinerja Pembangunan.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2023 Mengacu pada RPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2023 - 2026, yang memuat Tujuan, Sasaran, Strategi, Kebijakan, dan Program Prioritas yang memiliki daya ungkit besar terhadap Pencapaian Target Pembangunan Daerah dan dijabarkan dalam wujud Tujuan, Sasaran, Strategi, Kebijakan, dan Program Prioritas yang memiliki daya ungkit besar terhadap Pencapaian Target Pembangunan Daerah. 

Melalui Musrenbang RKPD Ini, kita akan Memulai langkah-langkah Perubahan menuju cita-cita bersama Mewujudkan Maluku Tengah yang Maju, Mandiri, dan Berkeadilan. 

Kita Wujudkan Maluku Tengah yang lebih Maju dan diperhitungkan di Indonesia Timur. Maju di Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Maju dalam Perekonomian, Maju dalam Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Maju dalam Sarana Prasarana Wilayah, Maju dalam Bidang Pemuda, Olahraga, dan Seni Budaya. 

Kita Wujudkan juga Maluku Tengah yang Mandiri. Sebagai Kabupaten Kepulauan yang Masyarakatnya Memiliki Kepribadian dan Jati Diri yang Tangguh, mampu Mendayagunakan segenap Potensi dan Kekuatan sendiri untuk Maju. 

Harapan dan Keinginan Membangun Maluku Tengah tersebut, telah dirumuskan dalam Prioritas Daerah di Tahun 2023 yang meliputi sebagai berikut:

* Peningkatan Mutu dan Aksesibilitas.
* Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan.
* Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah.
* Pembangunan Infrastruktur Dasar.
* Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana.
* Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim dan Pengangguran.
* Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan bersih.
* Peningkatan Keamanan, Ketertiban dan Penguatan Nilai-Nilai Seni Budaya dalam Kehidupan Orang Basudara.

Pengembangan Kapasitas dan Partisipasi Generasi Muda dan Perempuan dalam Pembangunan Sebagai Dokumen Induk Perencanaan tahunan, Tujuan, Sasaran, Strategi, Arah Kebijakan, dan Program Prioritas yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2023, diterjemahkan kedalam Program Pembangunan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sesuai Kewenangan masing-masing. 

Semua OPD akan Menjabarkan Tujuan, Sasaran, dan Program Prioritas dalam Rencana Kerja atau Renja Perangkat Daerah. Sehingga, Maluku Tengah Yang Maju, Mandiri, dan Berkeadilan dapat terwujud. 

Saya menyadari bahwa, Musrenbang RKPD bukan hanya Seremonial saja tetapi Merupakan Momentum untuk menetapkan Kondisi Daerah, Menganalisa Potensi dan Kinerja, serta Merumuskan Tujuan dan Sasaran Pembangunan untuk satu tahun kedepan. 

Namun, dengan Komitmen yang Tinggi dari kita semua, Saya yakin Dokumen Perencanaan yang Berkualitas dapat kita Hasilkan. Untuk itu, Pemikiran yang Cerdas dari para semua Peserta Musrenbang sangat diharapkan guna Menyempurnakan RKPD ini.

Disela Pembukaan Musrenbang dirinya berharap, Penjabat Bupati yang nanti Menggantikannya pada September 2022 tidak Merubah Program yang telah dirancang. 

"Saya titipkan kepada OPD yang sekarang ini dan Isnya Allah untuk Musrenbang 2023 ini terakhir bagi saya dan Pak. Wakil Leleury, saya harap Program-program ini akan dilanjutkan oleh Penjabat Bupati," kata Bupati Dua Periode. 

Saya harapkan ini akan dilanjutkan, jangan sampai Perencanaan sudah bagus tapi ada Pejabat lain datang rubah lagi.

Untuk Memastikan hal tersebut berjalan dirinya berharap, para OPD untuk selalu beri Atensi kepada Penjabat Bupati terkait dengan Program yang telah dirancang namun belum direalisasikan. 

"Oleh karena itu, saya harap para Kepala OPD untuk Mendampingi Penjabat beri Masukan soal Program yang telah kita lakukan dan apa yang belum kita lakukan," harap Bupati. 

Hal tersebut Penting dilakukan agar Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat tidak Terputus. 

"Sehingga Program-program yang kita lakukan tidak Terputus. Kan biasanya Terputus (Saat Ganti Pejabat) saya berharap ini tidak. Karena yang kita lakukan ini juga dalam Rangka untuk Mensejahterakan Masyarakat," tutup Bupati. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top