RADAR POS, MASOHI - Bupati Maluku Tengah (Malteng), Hi. Tuasikal Abua, SH Dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (MABICAB) Gerakan Pramuka Kabupaten Malteng yang Dilantik secara Langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi, di Baeleo Soekarno, Senin (13/06/2022).

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Nomor: 01 Tahun 2022 tentang Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Malteng Masa Bakti 2021 - 2026, dengan Susunan Kepengurusan di Ketuai Bupati Malteng, Abua Tuasikal.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi dalam sambutannya menyampaikan, Ucapan Selamat Atas Dilantiknya Pengurus MABICAB, Pengurus Kwarcab dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Malteng Masa Bakti 2021 - 2026.

"Kita Patut Bersyukur bahwa hingga saat ini, Kwartir Daerah dan juga sejumlah Kwartir Cabang semakin Berbenah Diri untuk Ikut Berperan serta didalam Menata Organisasi Lingkup Kwartir masing-masing. Bagi Saya, Eksistensi serta semangat kakak-kakak dalam Mengembangkan Gerakan Pramuka khususnya ditingkat Kwartir Cabang sejalan dengan Ikhtiar Pemerintah yang dituangkan dalam bentuk Undang-undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka," kata Widya Pratiwi.

Dalam Kerangka Besar itulah, selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi Optimis MABICAB Maluku Tengah lebih Menitikberatkan Perhatian pada Program Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan, mengingat Gerakan Pramuka Merupakan Organisasi yang Membangun Kepribadian dengan Mengembangkan Potensi diri serta Memiliki Akhlak Mulia demi tercapaikan Kesejahteraan Masyarakat.

”Perkokoh jalinan Hubungan antar setiap tingkatan Kwartir, seluruh Jajaran Pengurus Kwartir untuk Memantapkan Jati Diri dengan Berpedoman pada Nilai Etika, Kaidah Agama serta Satya Dharma Pramuka," tutup Widya Pratiwi.

Bupati Maluku Tengah selaku Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Maluku Tengah, Abua Tuasikal menyampaikan, Terima Kasih dan Penghargaan yang Setinggi-tingginya, kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku, Widya Pratiwi, yang telah Memberikan Amanah kepada Dirinya.

"Saya Yakin dan Optimis bahwa, Pelantikan hari ini akan menjadi Motivasi dan semakin Memperkuat Eksistensi dan Peran Gerakan Pramuka di Maluku, dan khususnya di Malteng, sebagai Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda Bangsa," ucap Tuasikal Abua.

Tantangan dan Kondisi Permasalahan Generasi Muda semakin hari semakin Kompleks, seperti Degradasi Moral dan Etika, Memudarnya Rasa Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa, Sikap Individualisme dan sikap Acuh Generasi Muda terhadap Ideologi Bangsa, diperlukan Peran serta berbagai pihak, termasuk didalamnya Peran Gerakan Pramuka dalam Rangka Mengatasi Tantangan dan Permasalahan tersebut.

Hal ini, kata Tuasikal Abua, sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi "Menolong Sesama Hidup dan Ikut serta Membangun Masyarakat".

Untuk itu, Gerakan Pramuka harus mampu Menjelma menjadi Agen Perubahan, sebagai Solusi Pembangunan Karakter dan Watak Pemuda yang Berkepribadian serta Berbudi Pekerti Luhur sehingga Pemuda yang Berjiwa Nasional akan terwujud.

"Seluruh Pengurus Gerakan Pramuka harus selalu Konsisten dan Konsekuen Memanfaatkan Gerakan Pramuka sebagai Wadah untuk Mendidik dan Membina Kaum Muda Malteng dalam Mengembangkan Mental, Moral, Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisiknya untuk menjadi Manusia Indonesia yang Berkepribadian, Berwatak, dan Berbudi Pekerti Luhur," ujar Tuasikal Abua.

Kedepan, diharapkan Kualitas Gerakan Pramuka di Daerah ini makin Meningkat dan selalu Berjuang Menampakan Ciri Khasnya sebagai Organisasi Pendidikan yang Solid dan Mandiri yang selalu Siap Sedia untuk Berbakti, Mengabdi, dan Melayani Organisasi maupun Masyarakat.

Untuk itu, Gerakan Pramuka di Malteng harus terus kita Arahkan untuk Mendukung Gerakan Pramuka Provinsi Maluku dan Nasional dalam Memantapkan Komitmen Generasi Muda terhadap Empat Konsensus dasar Bangsa kita yaitu: Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Dengan demikian, saya Yakin dan Optimis, bahwa Pelantikan hari ini, akan menjadi Motivasi dan semakin Memperkuat Eksistensi dan Peran Gerakan Pramuka di Maluku, dan khususnya di Malteng, sebagai Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda Bangsa," tutup Tuasikal Abua.

Pelantikan Kepengurusan Ketua Majelis Pembimbing dan Pelantikan Kepengurusan Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Maluku Tengah ini Ditandai dengan Pembacaan Janji Trisatya serta Pemasangan Tanda Jabatan dan Penandatanganan IKRAR. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top