RADAR POS, TUAL - Mengacu pada Permendikbud nomor 18 Tahun 2016, Maka Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah: Mengenali Potensi diri Siswa baru.

Membantu Siswa baru untuk beradaptasi dengan Lingkungan Sekolah dan sekitarnya, Antara lain: Terhadap Aspek Keamanan, Fasilitas Umum, dan Sarana Prasarana Sekolah, Menumbuhkan Motivasi, Semangat, dan cara Belajar Efektif sebagai Siswa baru, Mengembangkan Interaksi Positif antar Siswa dan Warga Sekolah lainya.

Menumbuhkan Perilaku Positif antara lain: Kejujuran, Kemandirian, Sikap saling Menghargai, Menghormati Keanekaragaman dan Persatuan, Kedisiplinan, Hidup Bersih dan Sehat untuk Mewujudkan Siswa yang Memiliki Nilai Integritas, Etos Kerja, dan Semangat Gotong Royong sesuai Kurikulum Merdeka Belajar.

Penegasan tersebut disampaikan Kepala Sekolah SMA Kristen Tual, Juliana Koedoeboen saat ditemui Media ini disela-sela Kegiatan MPLS yang berlangsung di Aula Sekolah yang dimiliki oleh Yayasan Dr. JB Sitanala pada, Senin (18/07/2022).

Menurut Kepala Sekolah yang Akrab dipanggil Ibu Uli ini katakan, Tujuan diadakannya MPLS ini adalah untuk Memperkenalkan Siswa pada Lingkungan Sekolah yang baru mereka masuki.

"Memperkenalkan Siswa pada seluruh Komponen Sekolah beserta aturan, Norma, Budaya, dan Tata Tertib yang berlaku di dalamnya," kata Koedoeboen.

Memperkenalkan Siswa untuk dapat Menyanyikan Lagu Hymne dan Mars Sekolah. Memperkenalkan Siswa pada seluruh Kegiatan yang ada di Sekolah.

"Mengarahkan Siswa dalam Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang sesuai dengan Minat dan Bakat mereka," ucap Koedoeboen.

Menanamkan Sikap Mental, Spiritual, Budi Pekerti yang baik, Tanggungjawab, Toleransi, dan berbagai Nilai Positif lain pada diri Siswa sebagai Implementasi Penanaman Konsep Iman, Ilmu, dan Amal.

Menanamkan berbagai Wawasan Dasar pada Siswa sebelum Memasuki Kegiatan Pembelajaran secara Formal di Kelas.

"Kegiatan yang diikuti oleh Seratusan Siswa ini selain mendapat Materi Umum juga diajarkan tentang Profil Pelajar Pancasila," tutup Koedoeboen. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top