RADAR POS, MALRA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) St Theresia Langgur Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) kembali menggelar Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2022-2023.

Sekolah dibawah Naungan Yayasan Asti Dharma Maluku ini memiliki Program Studi Unggulan yang sangat diminati oleh Masyarakat seperti Tata Busana, Tata Boga, Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

Kepada Media ini dikantornya, Senin (08/08/2022), Kepala Sekolah SMK St Theresia Langgur, Suster Alfonsia Makin PBHK, SE katakan, untuk Tahun ini Pihaknya masih menggunakan Kurikulum K13 sambil Menyesuaikan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, salah satunya adalah Simulasi ANBK yang saat ini sedang digelar.
 
"Tidak hanya melibatkan Siswa, para Guru juga ditugaskan sebagai Pengawas silang dalam Kegiatan Simulasi tersebut," kata Ibu Suster.

Tujuan Awal diadakan Simulasi Pertama pada Dasarnya bertujuan untuk mengenalkan Sistem Aplikasi kepada Proktor, Menguji Perangkat Komputer dan Jaringan Sekolah yang nantinya akan digunakan saat Pelaksanaan ANBK pada hari H serta Menguji Sistem pada Server Pusat.

Sedangkan untuk Peserta, bertujuan untuk Mengenalkan Sistem Aplikasi, tentang bagaimana Tampilan Halaman Utama, Cara Login, Tampilan dan bentuk Soal serta Teknis untuk Menjawab Soal.

Seperti kita ketahui bahwa, bentuk Soal pada Asesmen ini sudah tidak lagi berbentuk Monoton pilihan Ganda saja, tapi juga memiliki pilihan bentuk Soal yang Variatif seperti pilihan Ganda, Multi Jawaban, Soal Menjodohkan, Soal Penalaran dan lain lain.

Namun secara Basic, pada Asesmen ini Siswa dihadapkan pada 2 Jenis Soal Asesmen yaitu: Asesmen Literasi dan Asesmen Numerasi.

Kemudian pada hasil Akhir ANBK, nantinya Nilai tidak lagi Melekat pada Siswa tetapi digunakan untuk Mengevaluasi Pembelajaran sebuah Sekolah dari Sisi Literasi dan Numerasi.

"Dari hasil ANBK tersebut sekolah dapat Mengukur Capaian hasil Pembelajaran Siswa melalui Raport Mutu Sekolah yang kemudian kedepannya dapat dijadikan Rujukan untuk Perbaikan-perbaikan jika masih terdapat Poin yang kurang," ucap Ibu Suster yang Ramah ini.

SMK Pariwisata yang Mengusung Motto: Belajar, Berkreasi dan Mandiri dalam berbagai Kegiatan Eskul Berskala Daerah maupun Nasional selalu Mengirimkan Utusannya baik Paskibraka, O2SN bahkan sudah berulangkali Mewakili Provinsi Maluku untuk Kegiatan Kuliner Tingkat Nasional.

"Hal ini tidak lepas dari Peran serta Orang Tua yang telah Mempercayakan Anaknya untuk Menimba Ilmu di Sekolah ini," tutup Ibu Suster Alfonsia. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top