RADAR POS, TUAL - Bertempat di Balai Kota Rabu 07 September 2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ( DPMD ) Kota Tual menggelar Pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan Badan Saniri Finua ( BSF ) se Kecamatan Pulau Pulau Kur dan Kur Selatan.

Kegiatan yang dihadiri oleh Seluruh Pimpinan SKPD Lingkup Pemkot Tual ini terbilang Istimewa sebab baru pertama kali digelar sejak terbentuknya Kota Tual Tahun 2007.

Walikota Tual Adam Rahayaan yang didampingi Wakil Walikota Usman Tamnge dan Kepala Dinas PMD Kota Tual Ghufroni Rahanyamtel dalam kegiatan tersebut merasa bersyukur sebab momentum ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara Badan Saniri Finua dan Pemerintah Kota.

Walikota Tual dalam sambutannya katakan bahwa pasal 1 ayat 1 dan 4 UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa adalah bentuk pengakuan Negara Terhadap Entitas Asli Masyarakat Adat di Indonesia.

UU Nomor 6 Tahun 2014 tersebut dikuatkan dengan Peraturan Daerah Kota Tual Nomor 04 tentang Ratshap, Ohoi dan atau Finua Tanggal 19 Oktober Tahun 2020.

Untuk itu Rahayaan berharap agar Momentum Pengambilan Sumpah Dan Janji Pimpinan dan Anggota Badan Saniri Finua ini hendaklah dijadikan sebagai awal kebangkitan kita untuk bersungguh sungguh mendorong perjuangan ini sebagai bentuk penghargaan kita atas jerih payah lahirnya Perda Adat yang telah disahkan Tahun 2020.

Ke 84 Orang Pimpinan dan Anggota Badan Saniri Finua yang dilantik berdasarkan SK Walikota Tual Nomor 398 dan 399 Tanggal 03 Juni 2022 ini masing masing 35 Orang dari Kecamatan Pulau Pulau Kur yakni:

1. Finua Sermaf Tujuh orang.
2. Finua Lokwirin Tujuh Orang
3. Finua Finualen Tujuh Orang
4. Finua Kaimear Tujuh Orang
5. Finua Tubyal Tujuh Orang.
49 Orang dari Kecamatan Kur Selatan masing-masing:

1. Finua Kanara Tujuh Orang
2. Finua Warkar Sembilan Orang
3. Finua Yapas Lima Orang 
4. Finua Rumoin Sembilan Orang
5. Finua Hirit Tujuh Orang
6. Finua Mangur Tiflen Lima Orang
7. Finua Mangur Niela Tujuh Orang.

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Badan Saniri Finua ini juga dihadiri oleh pejabat kepala Finua serta Camat PP Kur dan Kur Selatan yang ikut mendampingi pimpinan dan anggota BSF yang dilantik hari ini. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top