Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tual
RADAR POS, TUAL - Penyampaian akhir fraksi-fraksi  DPRD Kota Tual pada masa sidang paripurna 2020. Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (RPD) Tentang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota Tual Tahun 2019, pada Jumat (11/09/2020).

Informasi yang Dihimpun www.radarpos.id Dipimpin langsung oleh ketua DPRD kota tual, Hasan Syarifudin Borut di dampingi oleh Wakil ketua I Ali Mardana, Wakil ketua II Fitri Rahmi AR Notanubun,SE.

Turut Hadir, Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag, M.Si, Sekertaris Daerah Ahmad Yani Renuat S.Sos, M.Si, Forkopimda, OPD, para camat, OKP dilingkup kota tual.

Mengawali penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2019.

"Selaku sekretaris Fraksi Indonesia Maju Sampaikan pokok-pokok pikiran dalam rapat akhir fraksi paripurna DPRD Kota Tual, pada tahun 2020 yang merujuk pada pelayanan publik dan pembangunan jalan di 5 kecamatan, terutama dua kecamatan yang ada di kepulauan Kur," kata Rahman Rettob.

Selain itu dalam laporan akhir fraksi Indonesia Maju, Rettob,S.Sos. Menambahkan pokok-pokok pikir fraksi Pemerintah daerah kota tual lebih cepat menyelesaikan Jalan lingkar Kecamatan pulau-pulau Kur dan Kur Selatan yang belum terselesaikan dan mempercepat pembangunan ruas jalan bagian barat yang menghubungkan akses dari pelabuhan Kur menuju dua kecamatan yang ada di pulau-pulau Kur.

Penyampaian rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan baik itu yang diamanatkan dalam undang-undang Nomor: 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, Peraturan pemerintah nomor: 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah serta peraturan menteri dalam negeri daerah tentang pertanggungjawan pelaksanaan APBD.

"Oleh karena itu, kemitraan yang sejajar antara pemerintah daerah dan DPRD tersebut ini perlu dibina secara optimal dalam koridor saling asah, dan saling isi dengan menjunjung nilai-nilai kebersamaan. Sesuai dengan dengan fungsi, tugas dan peran kita masing-masing," ucapnya.

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tual
Peyampaikan beberapa catatan kritis kepada pemerintah daerah antara lain: "Bahwa minimnya SDM tenaga kesehatan pada sentra pelayanan yang tersebar pada 5 kecamatan di kota tual sangat berpengaruh terhadap tingkat mutu pelayanan masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari kurangnya ketersediaan sediaan tenaga operator alat-alat kesehatan, untuk itu fraksi menekankan kepada pemerintah kota tual dalam penyediaan alat-alat kesehatan diberingi dengan ketersediaan tenaga operator alat kesehatan.

Rahman Rettob, Putra asal kecamatan pulau-pulau Kur ini, Sangat tekankan dalam penyampaian akhir Fraksi-Fraksi Indonesia Maju menyarankan kepada saudara Walikota Tual agar kiranya dapat melakukan pergantian terhadap beberapa Pejabat Kepada Desa saat ini yang berstatus sebagai, Guru, dan Tenaga Medis.

"Karena menurut pandangan Fraksi Indonesia Maju para Penjabat Kepala Desa tidak efektif dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokok utama mereka sebagai Pengajar dan Petugas Kesehatan, Seperti yang ada pada Desa Finualen kecamatan pulau-pulau Kur dan Desa Niela kecamatan Kur Selatan," ujar Putra asal kecamatan pulau-pulau Kur.

Fraksi Indonesia Maju juga memandang perlu Bahwa rendahnya tingkat pelayanan publik khususnya pada dua kecamatan yang di pulau-pulau yakni: kecamatan Tayando-Tam dan kecamatan Kur Selatan, sebagai akibat ketidak seriusan Camat dalam melaksanakan topoksinya  sebagai pimpinan wilayah kecamatan.

Hal ini dibuktikan dengan keberadaan Camat yang lebih sering tinggal di kota dibandingkan dengan kembali melaksanakan tugas.

"Untuk itu Fraksi mengusulkan kepada saudara Walikota Tual agar dapat melakukan teguran keras kepada Camat-Camat tersebut, dan bila dipandang perlu copot dari jabatannya," tuturnya.

Laporan Akhir Fraksi tersebut serupa dengan Fraksi Indonesia Hebat dan Fraksi PKS demi memperjuangkan kepentingan masyarakat kota tual. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top