Kepala Bappeda Kota Tual, DR. Fahry Rahayaan
RADAR POS, TUAL - Kota Tual akhirnya dipilih oleh Kementrian PUPR untuk memperoleh bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi millyaran rupiah.

Informasi yang Dihimpun www.radarpos.id Bahkan Kota Tual, tercatat sebagai satu–satunya Kota di Provinsi Maluku yang memiliki Master Plan 2021–2024, yang dibuat Kementrian PUPR RI.

Hal ini dikatakan, Kepala Bappeda Kota Tual, DR. Fahry Rahayaan, kepada media ini usai mengikuti pembahasan Laporan kegiatan jasa konsultan pusat pengembangan infrastruktur PUPR wilayah III tahun anggaran 2020 secara virtual di Kantor Bappeda Kota Tual, Senin (07/09/2020).

"Jadi dari proses seleksi 504 Kab/kota di Indonesia selama delapan bulan menghasilkan 11 Kab/Kota yang lolos verifikasi Kementrian PUPR RI Kota Tual mewakili Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat." kata Fahry.

Rahayaan, mengaku nilai bantuan DAK Integrasi Kementrian PUPR kepada 11 kab/kota di Indonesia yang ditetapkan, termasuk di dalamnya Kota Tual lebih dari 25 millyar.

"Wajah Kota Tual akan berubah secara signifikan dengan adanya Bantuan DAK Integrasi, sebab tahun 2021 ada 300 unit rumah penduduk Kota Tual akan dibedah mulai dari bedah rumah, sanitasi, drainase, persampahan, air bersih dan pembangunan jalan lingkungan," jelas Fahry.

Rahayaan juga katakan, maksud dan tujuan Pemerintah Pusat (Pempus) menjalankan program DAK Integrasi yaitu kolaborasi atau penggabungan satuan kerja Kementrian PUPR RI dalam satu program bersama baik perumahan, jalan, air bersih dan sanitasi, yang sasaran utamanya adalah pembangunan Rumah Kumuh dan pengentasan kemiskinan.

"Dari 48 Kota di Indonesia, Kota Tual dianggap layak dan memenuhi standar untuk memperoleh bantuan DAK Integrasi Kementrian PUPR RI" ujar Fahry Rahayaan.

Untuk menuju ke arah itu, kata Kepala Bappeda Kota Tual saat ini Tim Khusus Kementrian PUPR RI sudah berkantor di Kota Tual untuk melakukan pendataan, sekaligus menyusun Master Plan Kota Tual 2021–2024. (RPF)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top