RADAR POS, TUAL - Bertempat di Ruang Rapat SMK Negeri 1 Tual, Jumat (07/01/2022) telah berlangsung pertemuan antara para Kepala Sekolah SMK Se-Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual dalam rangka mengikuti Program SMK Pusat Keunggulan yang menjadi Program Spektakuler Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud RI.

Seperti diketahui, SMK PK adalah SMK yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dan terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, melalui program penyelarasan Pendidikan Vokasi secara sistematik dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.

SMK Pusat Keunggulan merupakan salah satu Program Prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud pada tahun 2021 ini.

Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan Program Keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Tentunya, pencapaian tersebut harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Pembelajaran dengan Paradigma baru di SMK PK merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi, karakter, dan budaya kerja yang sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Pembelajaran dilakukan melalui: 1) penggunaan kurikulum yang disesuaikan dengan tujuan untuk pengembangan dan penguatan kompetensi, karakter, dan budaya kerja yang sesuai dengan profil pelajar: 2) penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja.

Dengan demikian seluruh SMK yang ditunjuk sebagai pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) pada tahun pelajaran 2021/2022 ini, pada kelas X menggunakan Spektrum Keahlian dan Struktur Kurikulum sebagaimana diatur pada Lampiran II.

Oleh karena itu, SMK PK harus segera menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOS) mengacu kepada Pedoman Pembelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan, khususnya terkait dengan Spektrum keahlian dan struktur kurikulum.

Saat ini Kemdikbudristek telah menyiapkan contoh-contoh dari kelengkapan pembelajaran pada SMK PK, antara lain contoh KOS dan contoh Modul Ajar yang dapat dijadikan inspirasi bagi sekolah dan guru dalam mengembangkan yang lebih kontekstual sesuai dengan kondisi dan karakteristik masing-masing SMK PK.

Rapat yang dihadiri oleh para Kepala Sekolah SMK Negeri 1 - 2 - 3 Maluku Tenggara, SMK Siwalima Langgur, SMK Pariwisata St Theresia Langgur, SMK Kesehatan Langgur, SMK Mitra Karya Langgur, SMK Tekhnologi Azzahra Maluku Tenggara, SMK Muhammadiyah Maluku Tenggara, SMK Negeri 1 - 2 - 3 Kota Tual, SMK Pelayaran Bahari, SMK Kelautan Luswed Tual, serta SMK Kesehatan Romel Tual ini akhirnya sepakat untuk mengikuti jejak SMK Negeri 1 Tual dalam mengikuti ajang penilaian SMK Pusat Keunggulan yang akan dimulai beberapa waktu kedepan. (RPY)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top