RADAR POS, MASOHI - Anggota DPR RI Dapil Maluku, Saadiah Uluputty, bersama Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kelas I Ambon dan Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Ambon melakukan Sosialisasi dan Bimbingan Teknik (Bimtek) kepada Petani Kelapa dan Pelaku Usaha di Desa Haya Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu (13/08/2022).

Pers Rilis yang diterima Media ini, Anggota Fraksi PKS DPR RI, Saadiah Uluputty mengatakan dirinya berkesempatan hari di Desa Haya bersama Kepala Barantan Kelas I Ambon dan Kepala BPTP Ambon Kementerian Pertanian untuk melakukan Sosialisasi dan Bimtek kepada 300 Petani dan Pelaku Usaha.

Uluputty berkesempatan hadir di Desa Haya Kecamatan Tehoru Kabupatem Malteng bersama Kepala Badan Karantina Kelas I Ambon dan Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Ambon Kementrian Pertanian. Kehadiran kami disambut Hadrat Pemuda Negeri Haya dengan Kalungan Janur Kelapa.

Menurut Uluputty, Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek ini dilaksanakan di Kantor Desa Haya dengan menghadirkan 300 Peserta yang di Data oleh Panitia Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kepada Petani Kelapa dan Pelaku Usaha di Desa Haya.

"Sosialisasi ini merupakan Hasil Perjuangan Aspirasi saya bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, dimana saat berkunjung ke kantornya yang berada di Kate kate Ambon dan bertemu dengan kepala Barantab, Aris Hadiyono, SP dan Jajaran, saya menyampaikan bahwa Informasi tentang Kesehatan Hewan dan Tanaman harus diketahui oleh Masyarakat dilapangan," kata Saadiah Uluputty.

Sebagai Upaya Preventif menjaga Mutu dan Kualitas Komoditi baik Peternakan ataupun Pertanian maka salah satu Tugas Barantan harus bisa menyampaikan langsung kepada Petani dan Kelompok Usaha Masyarakat. Kepala Barantan langsung Mengapresiasi dan menjadwalkan untuk menggelar Kegiatan Sosialisasi ke Masyarakat.

Sehingga dari Hasil dengan Barantan itu, kata Uluputty, Narasumber yang Hadir dalam Kegiatan ini adalah Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian, Dr. Kardiyono, S.Tp, M.Si dan Ir. Hidayat dari Balai Besar Perbenihan dan Tanaman Besar Perkebunan.

"Potensi Kelapa yang besar di Dataran Pulau Seram harus berdampak kepada Peningkatan Kesejahteraan. Oleh karena iti perlu ada upaya Skill Up untuk meningkatkan Ketrampilan Hilirisasi Pengolahan Aneka bahan Kelapa untuk nilai tambah. Berbagai Olahan perlu diketahui oleh Masyarakat bahwa Pasar juga tersedia jika Masyarakat mau mengolahnya dengan sungguh-sungguh," ucap Saadiah Uluputty.

Beberapa cotoh Pengolahan dan Kelembagaan di Provnsi lain dirinya katakan, turut di Presentasikan sebagai contohnya bahwa Maluku banyak Bahan Baku yang harus diolah. Tinggal bagaimana ada Kemauan untuk meningkatkan ketrampilnnya.

Diakhir Kegiatan saya mengusulkan 5 Pemuda yang akan dilatih di BPPT untuk meningkatkan ketrampilannya. Beberapa Aspirasi juga disampaikan kepada saya menyangkut masalah kurangnya Fasilitas, Sarana Prasarana hingga Persoalan Guru Honorer. Ungkapan Terima kasih dan Apresiasi kami terima atas Kegiatan dan Kehadiran kami.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Kementrian Pertanian dan Jajaran khusunya Barantan, BPPT dan KBBTP Maluku - Malut. Kepada Pejabat Desa dan Jajaran yang telah bersedia menyediakan Ruangan Kantornya dan Terkhusus kepada Panitia yang dengan Kerja kerasnya Kegiatan ini melampaui Target Peserta, dan semoga membawa Kebaikan dan Manfaat bagi Masyarakat," tutup Saadiah Uluputty. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top