RADAR POS, TUAL - Tracer study adalah  pelacakan jejak lulusan/alumni atau penelusuran tamatan yang dilakukan kepada alumni setelah lulus.

Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Dinas Dikbud Provinsi Maluku DR Ir Insun Sangadji MSi saat Membuka secara Resmi Kegiatan Workshop Penelusaran Tamatan (Tracer study) SMK Negeri 1 Tual Rabu 24 Agustus 2022 yang dipusatkan di Aula SMKN 1 Tual.

Kadis Dikbud katakan Tracer Study ini bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan.

Manfaat dari tracer study, yakni sebagai database alumni dan membangun jaringan dengan para alumni, serta bahan evaluasi atas kompetensi lulusan, kurikulum, tenaga pendidik, dan pengembangan sekolah/kampus.

Selain dapat menjadi nilai tambah akreditasi bagi satuan pendidikan dan acuan pembuatan pelatihan, hasil penelitian juga menjadi alat monitoring instansi terkait serta memudahkan industri mendapatkan informasi lulusan yang kompeten.

Kegiatan yang dihadiri oleh Para Kepala SMA-SMK serta Dewan Guru dan Para Alumni ini diakhiri dengan pengresmian Sekretariat Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Tual oleh Kadis Dikbud Provinsi Maluku Bersama Kepala Cabang Dinas Dikmen&Diksus Kota Tual Samsudin Rumaf SPd. (team)

0 Comments:

Posting Komentar

 
Radar Pos © 2015. All Rights Reserved.
Top